Dampak Kebiasaan Membaca Seorang Ibu terhadap Anaknya

| May 22, 2013 | 0 Comments

Sumber : http://pr0perti.wordpress.com/2010/04/27/balita-belajar-membaca/

Ibu adalah sosok yang paling dekat dengan anak.   Setidaknya hal itulah yang paling umum terjadi.    Apapun yang dilakukan oleh ibu, akan ditiru oleh anaknya.   Namun hal ini sering tidak kita sadari, terkadang justru kita malah bertanya-tanya

“Kenapa anak saya bisa bertindak seperti itu?”

Seperti pepatah bilang bahwa buah tidak jauh dari pohonnya.    Memang benar kiranya, bahwa kebiasaan, sikap, perilaku dan kata-kata dapat di copy paste oleh anak-anak.    Khususnya anak pada usia balita.    Demikian pula dengan kebiasaan membaca yang dilakukan oleh seorang ibu, akan berdampak kepada anak dalam menimbulkan minat baca mereka.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kebiasaan seorang ibu hamil yang gemar membaca akan membantu mengoptimalkan perkembangan otak janin dan membantu agar anak tumbuh menjadi lebih cerdas.   Ketika anak tersebut lahir dan terus tumbuh hingga besar, kebiasaan membaca seorang ibu akan sangat melekat dalam pikiran mereka.     Anak akan meniru kebiasaan tersebut dan mengasah otak mereka untuk terus berpikir.

Terkadang pikiran dan tingkah laku anak-anak sering diluar pikiran kita (out of the box).     Hal positif sekecil apapun yang kita tanamkan pada anak-anak akan menghasilkan sesuatu hal yang luar biasa tanpa pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya.   Oleh karena itu kebiasaan positif membaca harus ditumbuhkan sejak dini karena akan mempengaruhi pola pikir dan sikapnya sehingga akan bermanfaat bagi kehidupan mereka kelak.    Tentu saja bahan bacaan yang dibaca anak juga harus berisi ilmu-ilmu yang bermanfaat, yang bernilai positif, dan mampu membangun moral atau akhlak yang baik.   Dengan demikian minat baca anak yang akan tumbuh adalah minat baca untuk hal-hal yang positif.

Sumber : http://lilswagpea.blogspot.com/

Pengaruh akan minat baca anak bisa mengantarkannya menjadi pribadi yang baik karena terbiasa dengan bacaan yang baik pula. Ketika anak sudah bisa membaca sendiri, rasa ingin tahu yang besar akan menuntun ia untuk mencari tahu lebih banyak lagi demi memenuhi kebutuhan rasa ingin tahunya tersebut.    Pengaruh yang besar yang bisa diciptakan dari kebiasaan membaca seorang ibu terhadap anaknya.

Hal ini saya alami sendiri melalui kebiasaan membacakan buku yang selalu saya lakukan sebelum anak-anak tidur.    Selelah dan sengantuk apapun, saya selalu menyempatkan diri untuk membacakan buku bersama anak-anak.    Hasilnya memang tidak disangka-sangka, pada awalnya saya yang selalu mengajak mereka untuk mendengarkan buku yang saya bacakan, namun sekarang setiap kali hendak tidur,  mereka sudah siap dengan bukunya masing-masing dan saya selalu ditagih untuk membacakan buku.    Sebelum muncul minat baca pada anak-anak saya, majalah anak-anak yang datang ke rumah tiap minggu hanya tertumpuk dilemari tanpa pernah tersentuh oleh tangan-tangan mungil mereka.    Namun sekarang, mereka selalu menunggu-nunggu majalah langganan itu datang dan segera berebutan untuk membaca isinya.

Minat membaca bagi anak saya yang berusia 6 dan 7 tahun benar-benar saya rasakan manfaatnya.    Putera pertama saya yang duduk di bangku SD kelas 1 mampu menghabiskan bacaan biografi Bill Gates yang berisi 187 halaman dalam waktu 2 hari.   Ketika sebelum tidur siang ia menghabiskan waktu sekitar 2 jam untuk membacanya.    Ia membaca sendiri tanpa ada yang menyuruhnya dan nampak enjoy dengan bacaannya tersebut.    Dari membaca biografi itu, ia menjadi terinspirasi dan mengatakan ke saya kalau Ia ingin bisa menjadi sukses seperti seorang Bill Gates.    Ia bisa dengan lancar menceritakan kembali jalan hidup Bill Gates dengan berbagai rintangan dan keberhasilannya.    Dari cerita anak saya itu pula yang menginpirasi saya untuk menuliskan artikel lalu dengan judul “dibalik cerita sukses Bill Gates”.

Berbagai teori yang menyatakan bahwa minat baca anak akan timbul karena ia melihat kebiasaan dari orang-orang terdekatnya telah saya buktikan sendiri.    Bukan hanya cerita Bill Gates yang menjadi bacaan favorit anak saya, tetapi berbagai cerita science lainnya telah Ia baca dan banyak menginspirasi pikiran dan perilakunya.   Kebiasaan membaca di rumah juga ia lakukan bila sedang jam istirahat sekolah, tanpa ada yang menyuruh, ia akan pergi ke perpustakaan untuk membaca buku yang ia sukai.   Setiap hari dengan riang ia akan bercerita dengan bangga dan senang bahwa ia telah membaca buku baru dan menceritakan kembali apa isi buku yang telah ia baca.   Yang lebih takjub, ketika ia sedang sakit dan harus bed rest di rumah.    Ketika itu ia tanpa didampingi  karena saya harus kerja ke luar kota selama beberapa hari.    Ia berhasil memanfaatkan waktunya sambil bed rest dengan membaca buku.  Ketika saya pulang, laporan pertama dari anak saya bahwa ia telah melalap beberapa buku ensiklopedia Scientific Events sampai tamat.   Sungguh luar biasa manfaat yang saya rasakan dengan menanamkan kebiasaaan membaca buku sebelum tidur kepada anak-anak.    Sempatkanlah waktu kita untuk buah hati tercinta menikmati waktu bersama untuk membaca buku dengan menyenangkan.

Kebiasaan ibu membaca akan mampu pula memberikan pengaruh positif pada anak, di antaranya:

  1. Membaca merupakan kebiasaan yang baik yang berguna untuk mendukung keberhasilan akademis, sosial, dan perilaku kesejahteraan. Jadi, dengan menirukan kebiasaan membaca dari ibunya, maka akan menghindarkan anak dari masalah kemampuan membaca dan menulis sejak dini.
  2. Dengan menirukan kebiasaan membaca ibu sejak dini, otomatis anak akan mampu menguasai lebih banyak kosakata dan motoriknya dapat berkembang dengan sempurna, dan kesemua itu tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri sang anak.
  3. Kebiasaan ibu membacakan cerita/mendongeng dapat membuat anak mengenal banyak karakter manusia, hewan, dan lingkungan sekitar, serta melatih daya ingat anak.
  4. Kebiasaan membaca yang didapatkan dari ibunya dapat mengalihkan perhatian anak dari aktivitas yang kurang bermanfaat seperti main game atau menonton televisi.(Bunda Ranis)

Tags: , ,

Category: Artikel menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published.