e-Learning

Sesuai dengan perkembangan teknologi dan pengembangan Kegiatan Belajar Mengajar biMBA-AIUEO (KBM)  yang tersebar di Indonesia, maka kami menggunakan e-learning sebagai salah satu metode KBM

Apa itu E learning ?

E-learning adalah adalah Kegiatan Belajar Mengajar (selanjutnya disebut KBM) yang menggunakan media elektronik, dalam hal ini perangkat elektronik yang berbasiskan komputer seperti : PC, Laptop, Netbook, Smartphone, Tablet dsb.

Materi/Bahan Ajar dapat disampaikan melalui internet (berbasis WEB, WAP), selain itu juga dapat disimpan atau disebarkan melalui media penyimpanan elektronik spt: CD,DVD,Flashdisk, Memory card dll.

 

Untuk kunjungi DIKLAT-BIMBA.COM silakan di sini


APA TUJUAN E-LEARNING DIKLAT biMBA ?

Tujuan e Learning diklat biMBA adalah :

  1. Untuk pembelajaran jarak jauh (Distance Learning)

Dalam rangka pelatihan, pembinaan dan pendalaman calon motivator/guru, calon Kepala Unit, Guru/ Motivator, Kepala Unit serta lingkungan internal biMBA, maka perlu diadakan pendidikan dan latihan secara berkala dan berkesinambungan.

Namun dengan berkembangnya biMBA ke seluruh penjuru Indonesia , maka akan banyak kendala jika dilakukan tatap muka langsung. Maka perlu adanya Distance Learning (pembelajaran jarak jauh)

Dengan e-learning, akan memungkinkan pengajar dan peserta diklat dapat melakukan KBM walau tidak berada dalam satu ruangan. Pengajar dapat berada dimana saja menyampaikan materi melalui internet dan sementara peserta dapat menerima materi dimana saja juga melalui internet.

  1. Efisiensi Waktu, Biaya, Tempat dan tenaga:

Akan memberi kemudahan bagi peserta diluar Jakarta (Pusdiklat-biMBA) untuk mengikuti pelatihan, akan menghemat waktu, tenaga, biaya, karena tidak perlu harus datang ke Pusdiklat biMBA di Jakarta. Dengan demikian Pendidikan dan Pelatihan ini diharapkan akan terjangkau diberbagai wilayah dan lapisan masyarakat.

  1. e-learning PUSDIKLAT biMBA ini akan menjadi embrio lahirnya Universitas Terbuka STKIP-biMBA .

Dalam rencana kedepan YPAI akan menyelenggarakan Universitas Terbuka yakni STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) biMBA, dimana mahasiswa tidak perlu hadir di kampus untuk mengikuti kuliah.  Konsep e-learning ini akan menjadi solusi bagi format universitas terbuka. Selain itu diharapkan universitas ini terjangkau diberbagai lapisan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

  1. Kemandirian dalam belajar

    e-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar mandiri, tanpa pengawasan langsung dari pengajar dikelas. Semua materi, tugas-tugas, quiz-quiz dan aktifitas belajar lainnya dilakukan sendiri secara mandiri.

Sehingga bisa tercipta “pendidikan dan pelatihan” dengan biaya rendah yang dapat dijangkau seluruh masyarakat di mana saja dengan belajar secara mandiri.

SIAPA SAJA YANG BOLEH MENGIKUTI E-LEARNING DIKLAT biMBA?

  • PENGUNJUNG UMUM , bisa mengakses hanya untuk materi-materi tertentu mengenai dasar-dasar kebiMBAan

  • PESERTA DIKLAT (para peserta diklat biMBA di seluruh Indonesia)

  • INTERNAL bIMBA (Guru/Motivator, Kepala Unit, Karyawan, Mitra biMBA)

APA SAJA YANG DIPELAJARI DI E-LEARNING DIKLAT biMBA? 

Yang dapat dipelajari di web e-learning saat ini adalah materi-materi  yang dikhususkan untuk Pendidikan dan Pelatihan biMBA yang terdiri dari : 

DIKLAT UMUM  (Untuk Pengunjung Umum):

  1. KebiMBAan? (Dibimbing : Ibu Shiwy)  

DIKLAT UMUM (Khusus utk  Peserta diklat & Lingkungan Internal biMBA) 

  1. Motivasi   (Dibimbing : Ibu Niesa Handayani) 

  2. kurikulum Dasar  (Dibimbing : Ibu Lestari Puji hastuti) 

DIKLAT KHUSUS (Khusus utk  Peserta diklat & Lingkungan Internal biMBA) :

  1. Kurikulum Baca (Dibimbing : Ibu Erfa Irwanti) 

  2. Simulasi  (Dibimbing : Ibu Lisa Novianti)  

  3. Kurikulum Matematika & Tulis (Dibimbing : Ibu Uswatun Hasanah) 

  4. S.E.Q   (Dibimbing : Bp. Bambang Suyanto)  

Pembelajaran disajikan dalam bentuk :

  • Modul materi berupa text,doc, exel,pdf dll yang dapat didownload.  

  • Video Pengajaran

  • Forum Tanya Jawab Online

  • Kuis Online

  • Chating Pembelajaran (tanya jawab pengajar dan peserta)

BAGAIMANA CARA MENGIKUTI E-LEARNING DIKLAT biMBA INI?

Untuk mengikuti e-learning Diklat biMBA, maka anda harus mendaftar dulu :

  1. Jika anda PENGUNJUNG UMUM , maka anda harus LOGIN terlebih dahulu sebagai TAMU atau GUEST.

  2. Jika anda PESERTA DIKLAT, maka anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu pada PUSDIKLAT bIMBA. Atau anda akan dihubungi secara langsung atau sudah terdaftar otomatis setelah mengikuti PSIKOTEST,anda diberikan USERNAME (PENGGUNA) dan PASSWORD untuk mengakses DIKLATBIMBA.COM

  3. Jika anda LINGKUNGAN INTERNAL biMBA (Guru/motivator, Kepala Unit, Karyawan, Mitra ), anda harus mendaftarkan diri ke PUSDIKLAT bIMBA agar diberikan USERNAME DAN PASSWORD.

BAGAIMANA PESERTA DIKLAT MENDAFTARKAN DIRI KE PUSDIKLAT bIMBA ?  

Setelah mengikuti Test dan Psikotest serta dinyatakan Lolos oleh Pusdiklat biMBA, maka Peserta Diklat diberikan Username dan Password yang dikirim via email atau SMS.  Jika ada peserta yang belum mendapatkan Username dan Password , silakan hubungi Pusdiklat .

Pastikan email dan telepon/ Tel seluler anda masih aktif