299 Views

Fakta Minat Baca Masyarakat Indonesia Rendah

Awal Maret lalu, tepatnya pada tanggal 1-10 Maret 2013, Islamic Book Fair diselenggarakan di Istora Senayan Jakarta.   Acara ini dibuka oleh menteri koordinator perekonomian, Hatta Rajasa.    Saat itu  beliau mengungkapkan tidak ada suatu bangsa yang unggul dan maju tanpa manusia unggul juga.   Manusia unggul adalah manusia yang memiliki pengetahuan dimana hal itu diperoleh melalui membaca.

Sekilas pesan itu memang terdengar biasa-biasa saja.   Namun,  jika kita telaah lebih jauh, sesungguhnya terdapat mimpi besar di balik pesan sederhana tersebut.   Suatu mimpi bahwa masyarakat Indonesia akan jatuh cinta dengan membaca karena dengan membaca dapat membuka jendela dunia.    Ketika jendela dunia sudah terbuka, masyarakat indonesia akan dapat melihat keluar, sisi-sisi apa yang ada dibalik jendela tersebut.     Sehingga cara berpikir akan maju dan dapat menjadi jalan keluar bagi bangsa Indonesia dari perangkap kemiskinan sekaligus menghargai hal-hal yang lebih baik dalam kehidupan.

Wajar bila kita sebagai masyarakat Indonesia memiliki mimpi besar tersebut.    Beberapa fakta telah menunjukkan betapa memprihatinkannya kondisi masyarakat Indonesia karena masih rendah minatnya untuk membaca dibandingkan dengan negara lain.

Hasil survei yang dilakukan UNESCO menunjukkan fakta yang tidak menggembirakan yaitu minat baca masyarakat Indonesia merupakan yang paling rendah di ASEAN.     Sedangkan survei yang dilakukan terhadap 39 negara di dunia, ratio antara konsumsi satu surat kabar dengan jumlah pembaca, negara Indonesia menduduki urutan ke-38.     Berdasarkan rasio penduduk, idealnya satu surat kabar dibaca oleh 10 orang (1:10).    Sedangkan di Indonesia, satu surat kabar dikonsumsi oleh 45 orang (1:45).    Indonesia sudah tertinggal jauh dengan negara-negara lain, bahkan negara tetangga seperti Srilangka yang tergolong negara belum maju sudah 1:38 dan Filipina 1:30.

Beberapa fakta lain dari tahun ke tahun yang menyatakan bahwa kemampuan minat baca masyarakat  Indonesia masih rendah adalah sebagai berikut :

Itulah kenyataan yang kita hadapi, minat baca masyarakat kita masih rendah.    Dibutuhkan upaya-upaya ekstra untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Sehingga Kecintaan terhadap buku dan minat baca yang tinggi.

Rendahnya minat baca ini akan mempengaruhi kualitas bangsa Indonesia, karena masyarakat Indonesia tidak bisa mengetahui dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi di dunia, di mana pada ahirnya akan berdampak pada ketertinggalan bangsa Indonesia.    Oleh karena itu, agar bangsa Indonesia dapat mengejar kemajuan yang telah dicapai oleh negara-negara tetangga, perlu menumbuhkan minat baca sejak dini sebagai salah satu upaya penanaman rasa senang membaca pada diri individu.

Rasa senang membaca pada anak usia dini akan timbul karena keinginannya sendiri, bukan karena paksaan. Sehingga setiap anak akan merasa bahagia bukan terbebani, yang akan berdampak pada meningkatnya kemampuan anak. Inilah yang disebut kesuksesan dicapai anak. biMBA-AIUEO membantu untuk menumbuhkan MINAT atau keinginan anak untuk baca dan belajar.  Sehingga dapat membangun generasi pembelajar mandiri sepanjang hayat.  Anak diharapkan mampu dan mau belajar dimana pun dan kapan pun. Belajar tidak harus di sekolah, dengan kegiatan membaca kita bisa menjelajahi dunia. Wujudkan mimpi agar Indonesia jatuh cinta untuk membaca.(Bunda Ranis)

 

Referensi :

www.bisnis-sumatra.com : minat-baca-masyarakat-indonesia-paling-rendah-di-asean/

http://www.pnri.go.id/MajalahOnlineAdd.aspx?id=63

http://www.rimanews.com/read/20120811/72138/survei-unesco-minat-baca-masyarakat-indonesia-paling-rendah-di-asean

http://sehabooks.blogspot.com/2013/03/ironis-di-indonesia-1-buku-dibaca-5.html

http://sariberitacoco.blogspot.com/2012/08/minat-baca-masyarakat-indonesia-rendah.html

http://www.kuningannews.com/index.php/pendidikan/tentang/pendidikan/11489-puti-minat-baca-masyarakat-indonesia-rendah.html

http://sahabatguru.wordpress.com/2012/08/29/fakta-minat-baca-di-indonesia/

http://www.pendidikan-diy.go.id/?view=v_artikel&id=8

http://harikaryo.wordpress.com/2012/04/06/menumbuhkan-minat-baca-sejak-usia-dini/