163 Views

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Minat Baca Seseorang

Minat Baca
Negara disebut maju dan berkembang jika penduduknya mempunyai minat baca yang tinggi.
[qureta.com]

Negara disebut maju dan berkembang jika penduduknya mempunyai minat baca yang tinggi.

Ayah bunda, setujukah bahwa hal yang paling penting yang perlu diterapkan kepada anak adalah menumbuhkan Minat bacanya. Mengapa demikian? karena kita akan lebih mudah mengajari anak disaat Minatnya sudah tumbuh dibandingkan menyuruh atau memaksa anak yang belum tumbuh Minat bacanya.

Bukan hanya untuk anak, orang dewasa juga dapat memperoleh pencapaian atau prestasi dalam karir jauh di atas rata-rata tanpa harus berjuang terlalu keras. Kuncinya hanya satu, tumbuhkanlah Minat baca yang tinggi. Berikut ini adalah Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan Minat baca seseorang.

1. Faktor Lingkungan Keluarga

Peranan orangtua sangat dibutuhkan, kita bisa membiasakan anak-anak mengenal buku dan membiasakannya sejak dini. Bisa memulainya dengan membacakan buku yang disukainya dan membacanya berulang-ulang, biarkan anak memahami isi dari buku yang dibacanya dan bukan hanya sekadar membaca tetapi juga mengerti isi buku tersebut.

Sarana buku bacaan di lingkungan keluarga merupakan salah satu faktor pendorong minat baca, apabila sejak kecil anak sudah dibiasakan dengan buku, maka sampai dewasa anak tidak asing lagi dengan bahan bacaan. Tugas kita sebagai orangtua adalah menemani anak membaca dengan memberikan contoh di rumah.

2. Faktor Kedekatan Individu

Penting bagi kita untuk memilih buku yang akan dibaca agar benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita saat ini, tentu saja kita juga harus tahu Minat atau ketertarikan kita terhadap suatu bacaan agar buku yang kita beli tidak sia-sia. Begitu pula dengan anak-anak, kita perlu mencari tahu apa yang menjadi Minat mereka, belikan buku yang sesuai dengan Minat anak, agar anak senang membaca dan senang mengulang-ulang bacaannya dan berdampak menjadi mampu membaca.

3. Strategi Belajar yang Jitu

Dalam meningkatkan Minat baca kita perlu metode. Pertama kita harus membuat proses membaca sebagai sesuatu yang menyenangkan seperti halnya bermain. Kedua Proses belajar membaca harus bertahap yaitu sesuai dengan kemampuan dan kemauan. Ketiga proses belajar harus individual yaitu proses belajar yang menjadikan seseorang sebagai subjek belajar, artinya harus memahami betul karakter seseorang agar mudah dalam mendidik membaca. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)