94 Views

Hari Air Sedunia (World Water Day)

wwwd-logo

Hari Air Sedunia (World Water Day) adalah perayaan yang mempunyai misi untuk menarik perhatian masyarakat dunia akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih secara berkelanjutan.

Hari Air Sedunia pertama kali dicetuskan pada United Nations Conference on Environment and Development (UNCED) atau Konferensi Bumi oleh PBB di Rio de Janeiro pada tanggal 22 Desember 1992. Sidang umum PBB ke-47 itu menetapkan tanggal 23 Maret sebagai Hari Air Sedunia.

Setiap tahun peringatan Hari Air Sedunia selalu mempunyai tema khusus. Di tahun 2014 ini, 9 lembaga dan program, ditambah lebih dari 120 ahli PBB, perwakilan dari perusahaan-perusahaan internasional di sektor air dan energi, organisasi pemerintah serta non-pemerintah pada Konferensi Air Tahunan PBB di Zaragoza, Spanyol, yang berlangsung pada tanggal 13-16 Januari 2014, sepakat menetapkan tema “Air dan Energi” sebagai pesan kunci peringatan Hari Air Sedunia 2014.

zaragoza

Air dan energi memiliki saling keterkaitan. Pembangkit energi dan transmisi membutuhkan pemanfaatan sumber daya air, terutama untuk sumber energi tenaga air, nuklir dan termal. Sekitar 8% energi global digunakan untuk memompa, merawat dan mengangkut air ke konsumen.

PBB bekerja sama dengan negara-negara anggota dan pemangku kepentingan terkait lainnya, secara kolektif memberikan perhatian pada hubungan antara air dan energi, khususnya dalam mengatasi ketidakadilan, terutama untuk masyarakat kelas bawah yang tinggal di daerah kumuh dan daerah pedesaan miskin yang bertahan hidup tanpa akses air minum yang aman, memadainya sanitasi, persediaan makanan dan pelayanan energi yang cukup.

Adapun tujuan dari Hari Air Sedunia 2014 adalah :

  • Meningkatkan kesadaran akan keterkaitan antara air dan energi
  • Berkontribusi terhadap dialog kebijakan yang berfokus pada berbagai isu yang berkaitan dengan air dan energi
  • Menunjukkan studi kasus kepada para pembuat keputusan di sektor energi dan pengelolaan air bahwa pendekatan terintegrasi serta solusi untuk masalah air dan energi mempunyai dampak ekonomi dan sosial yang lebih besar
  • Mengidentifikasi perumusan kebijakan dan isu-isu pembangunan kapasitas sistem PBB, khususnya bidang air dan energi agar dapat memberikan kontribusi yang signifikan
  • Mengidentifikasi pemangku kepentingan air dan energi serta secara aktif melibatkan mereka dalam upaya pengembangan air dan energi lebih lanjut.
  • Berkontribusi secara relevan dengan diskusi pasca 2015 dalam kaitannya dengan air dan energi.

Perayaan Hari Air Sedunia 2014 ini terdiri atas :

  1. Perayaan utama yang diselenggarakan oleh UNU dan UNIDO di Markas UNU, Tokyo Jepang pada tanggal 20-21 Maret 2014.
  2. Pekan air sedunia di Stockholm oleh SIWI (Stockholm International Water Institute) yang mempertemukan 2500 pakar, praktisi, pengambil keputusan dan inovator bisnis dari seluruh dunia untuk bertukar ide, menumbuhkan pemikiran baru dan mengembangkan solusi.

Warga negara Indonesia sebagai bagian dari masyarakat dunia sangat diharapkan untuk berperan serta dalam perayaan Hari Air Sedunia. Mengapa?

Karena Indonesia adalah negara bahari dengan wilayah kedaulatan sekitar 60% adalah laut. Panjang perairannya 5100 km, membentang dari arah barat ke timur dan 1888 km dari arah utara ke selatan, sehingga perlu adanya kesadaran dari diri untuk secara aktif melakukan upaya konservasi air, karena ada beberapa fakta tentang polusi air, yaitu :

  • Mayoritas air kita ada di lautan, dengan porsi air tawar yang hanya 2,5%
  • Di Indonesia, masyarakat yang memiliki akses air bersih untuk minum berjumlah kurang dari 20%, sedangkan lebih dari 70% masyarakat Indonesia bergantung pada air tanah, sungai, mata air dan sumber air lainnya.
  • Sungai-sungai di Indonesia 56% tercemar, dan 74% nya di Pulau Jawa.

 pencemaranGambar Sungai Yang Tercemar

  • Uji dan investigasi komprehensif Greenpeace mengungkap bahwa kebanyakan produk pakaian fashion ternama mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang jika terurai akan mengganggu sistem hormon dan penyebab kanker.
  • Dilaporkan bahwa setiap tahun sebanyak 80 miliar pakaian diproduksi di seluruh dunia setara dengan 11 pakaian per tahun untuk setiap orangnya di planet ini.
  • Diperkirakan bahwa setiap individu, laki-laki atau perempuan dan bahkan bayi yang belum dilahirkan, telah terkontaminasi ratusan bahan kimia buatan manusia dalam tubuhnya, termasuk diantaranya yang dapat terkait dengan industri tekstil.
  • Greenpeace berkampanye untuk mendorong merek-merek fashion global untuk mendetox produk-produk mereka dan rantai pasokan mereka dengan secara transparan mengeliminasi bahan-bahan kimia berbahaya dari proses manufaktur mereka pada 2020.

Fakta-fakta itu sejalan dengan beberapa problem krusial dari proyeksi Economic water scarcity 2025 di Indonesia yaitu :

  1. Tata kelola atau manajemen air yang buruk
  2. Lenyap atau rusaknya sumber air akibat polusi.
  3. Privatisasi sumber-sumber air oleh negara dan swasta, serta tidak ada upaya konservasi air
  4. Ketidakseimbangan pemanfaatan air untuk industri (seperti industri pembangkit listrik, berbagai industri pertambangan, termasuk agro-industri) dan level rumah tangga
  5. Pengelolaan air limbah dan sanitasi yang buruk, baik dari industri hingga ke level komunitas

Mari kita sosialisasikan kesadaran akan pentingnya air bagi kehidupan manusia melalui poster, t-shirt serta aksi-aksi positif lainnya. Selamat Hari Air Sedunia!(Niken)

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Air_Sedunia

http://www.greenpeace.org/seasia/id/blog/hari-air-sedunia-10-fakta-kehancuran-yang-har/blog/44441/

http://www.hijau.or.id/index.php/14-artikel/opini/18-krisis-air-catatan-2-workshop-air-kapalasastra

http://www.unwater.org/worldwaterday/about-world-water-day/world-water-day-2014-water-and-energy/en/

Nontji, A. 2004. Upaya Anak Bangsa dalam Penyelamatan dan Pemanfaatan Lestari Terumbu Karang. Coremap Tahap. Kantor Pengelola Program Coremap, Pusat Penelitian Oseanografi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Tinggalkan Balasan