79 Views

Hari Kartini

kartini2

Sahabat biMBA..

Kalender sudah memasuki bulan April.   Bulan yang identik dengan peringatan hari besar pada tanggal 21 April yaitu hari Kartini.  Apa ya hari Kartini itu?

Hari Kartini adalah hari kita memperingati kelahiran ibu Kartini, pejuang perempuan dari Jepara, Jawa Tengah. Nama lengkapnya adalah Raden Ajeng Kartini.  Lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879.   Kartini kecil sangatlah sedih setelah beliau lulus Sekolah Dasar tidak diperbolehkan sekolah lagi dan dipingit di rumah untuk segera dinikahkan.

RA. Kartini anak yang sangat rajin membaca.   Tiada hari tanpa membaca.   Semua dibaca, baik itu  buku, surat kabar dan buku-buku lainnya.   Kegemarannya kepada membaca membuat RA. Kartini tertarik  pada kemajuan berpikir wanita Eropa (Belanda, yang waktu itu masih menjajah Indonesia).   Timbul keinginannya untuk memajukan wanita Indonesia.   Wanita tidak hanya didapur tetapi juga harus mempunyai ilmu.

Ia memulai dengan mengumpulkan teman-teman wanitanya untuk diajarkan menulis dan ilmu pengetahuan lainnya. Ditengah kesibukannya, ia tidak berhenti membaca dan juga menulis surat dengan teman-temannya yang berada di negeri Belanda.  Ia menulis surat pada Mr.J.H Abendanon dan memohon diberikan beasiswa untuk belajar di negeri Belanda.

Beasiswa yang didapatkannya tidak sempat dimanfaatkan Kartini karena ia dinikahkan oleh orang tuanya dengan Raden Adipati Joyodiningrat.  Setelah menikah ia ikut suaminya ke daerah Rembang.  Suaminya mengerti keinginan Kartini dan diberi kebebasan serta didukung untuk mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang, atau di sebuah bangunan yang kini digunakan sebagai Gedung Pramuka.

Ketenarannya tidak membuat Kartini menjadi sombong.  Ia tetap santun, menghormati keluarga dan siapa saja, serta tidak membedakan antara yang miskin dan kaya.

Setelah melahirkan anak pertamanya, RA. Kartini meninggal dunia pada tanggal 17 September 1904 di usia 25 tahun.  Mr.J.H Abendanon memngumpulkan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan R.A Kartini kepada teman-temannya di Eropa. Buku itu diberi judul “DOOR DUISTERNIS TOT LICHT” yang artinya “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Sekarang setiap tanggal 21 April kita memperingati hari kartini.  Peringatan hari Kartini diwarnai dengan berbagai macam lomba seperti lomba menyanyi lagu nasional, lomba membaca puisi, lomba memakai baju daerah dan masih banyak lagi.

Buat sahabat biMBA dimana pun berada jangan lupa ya setiap tanggal 21 April kita memperingati “HARI KARTINI” .  Yuk kita bernyanyi lagu ‘Ibu Kita Kartini” bersama-sama!(Yanah AIUEO)

IBU KITA KARTINI
Ibu kita kartini
Putri sejati
Putri Indonesia
Harum Namanya

Ibu kita kartini
Pendekar bangsa
Pendekar kaumnya
Untuk merdeka

Wahai ibu kita kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia