50 Views

Indonesia Krisis MINAT Baca

Minat
Anak yang tidak Minat membaca akan berpengaruh terhadap masa depannya
[www.geraikaca.org]
Tahukah Ayah bunda, berdasarkan data dari UNESCO presentase Minat baca anak Indonesia hanya 0,01 persen, artinya dari 10.000 anak hanya satu anak saja yang memiliki Minat baca? Mengapa hal itu bisa terjadi? Banyak faktor yang melandasi penyebab kurangnya Minat baca anak, tetapi yang paling mendasar adalah anak tidak ditanamkan kebiasaan membaca sejak dini.

Kita sering mendengar buku adalah jendela dunia, para pakar pendidikan sepakat bahwa pintu gerbang penguasaan ilmu pengetahuan adalah dengan banyak membaca. Sering kita bertanya-tanya mengapa negara kita sulit bersaing dengan negara-negara lain? apakah ada yang salah dalam sistem kehidupan rakyat Indonesia? Ternyata itu dikarenakan tidak adanya Minat membaca yang tinggi.

Ketika Minat baca sesorang anak tumbuh, maka jendela dunia akan terbuka dan cara berpikir kita akan maju karena rendahnya Minat baca anak indonesia sangat mempengaruhi kualitas bangsa indonesia sehingga berdampak pada ketertinggalan bangsa Indonesia.

Minat Baca Anak Rendah

Negara yang maju dan berkembang adalah negara yang penduduknya mempunyai minat baca yang tinggi dengan dibuktikan dari jumlah buku yang diterbitkan dan jumlah perpustakaan yang ada di negeri tersebut.

Ayah bunda tahukah kira-kira apa yang membuat anak tidak menyukai membaca? Tentu saja faktor pertama karena tidak adanya minat baca yang tinggi. Kita bisa melihat mengapa masyarakat lebih suka ke pusat perbelanjaan dibandingkan dengan ke perpustakaan? Bahkan pengunjung perpustakaan bisa dihitung dengan jari.

Perilaku ini adalah kebiasaan yang harus diubah, karena anak akan menjadi pelaku yang konsumtif, dampaknya tidak bisa memajukan dan mengembangkan negaranya sendiri. Tentu saja hal itu cukup memicu akan pentingnya membaca bagi masyarakat khususnya untuk anak.

Membaca bukan sekadar keharusan tetapi juga merupakan sebuah kebutuhan hidup agar pandangan kita terbuka terhadap hal-hal baru yang tidak kita ketahui sebelumnya. Ayah bunda yuk sejak dini kita tingkatkan Minat baca anak, karena anak adalah generasi penerus bangsa. Semakin anak memiliki minat baca yang tinggi maka anak semakin berpotensi untuk memajukan bangsa ini di masa yang akan datang.

Hal yang Menghambat Minat Baca Anak

Semakin modern bangsa ini justru semakin membuat masyarakat. Banyak hiburan di televisi, games, internet yang membuat perhatian kita teralihkan sehingga menjauhkan buku. Padahal dengan berkembangnya teknologi internet bisa meningkatkan Minat baca karena internet adalah sarana visual yang bisa menjadi sumber informasi, hanya saja terkadang visual tersebut kurang tepat dikonsumsi bagi anak-anak.

Kurangnya kedekatan antara orangtua dan anak juga bisa menjadi faktor penghambat. Budaya membaca belum diwariskan, kebiasaan kita mendongeng anak sebelum tidur kadang hanya diaplikasikan secara verbal dan tidak dibiasakan agar anak mencapai pengetahuan melalu bahan bacaan.

Ayah bunda, meskipun banyak kegiatan dan kesibukan sehingga memiliki waktu membaca yang sedikit namun tetap temani anak belajar dan membaca setiap hari. Dengan ini anak merasa diperhatian dan apabila membaca sudah dibiasakan sejak kecil, maka ketika dewasa anak akan menyukai membaca. Jangan sampai karena berbagai macam faktor akan menghambat Minat baca anak, carilah solusinya dan tumbuhkan Minat baca anak. (Ern)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache