130 Views

Ingin Minat Baca Meningkat? Tiru Gaya Perpustakaan Unik di Dunia ini!

Minat baca pada anak maupun orang dewasa dapat dipupuk atau ditumbuhkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan perpustakaan. Mengapa? Hal ini karena perpustakaan merupakan sebuah tempat yang menyimpan banyak sekali buku yang bermanfaat untuk dibaca.

Salah satu masalah yang dialami oleh pemerintah kita saat ini selain kurangnya perpustakaan terutama di kota-kota kecil adalah desain perpustakaan yang monoton dan cenderung membosankan. Nah, sebagai solusinya, berbagai desain perpustakaan unik di dunia seperti yang telah kami rangkum di bawah ini mungkin dapat menjadi solusi yang berguna untuk dicontoh.

1. Mikro Little Free Library – Amerika Serikat

Mikro Little Free Library untuk Meningkatkan Minat Baca
Mikro Little Free Library

Perpustakaan unik yang dapat meningkatkan Minat baca ini mendapatkan label “mikro” karena memang ukurannya sangat kecil. Anda tidak akan menemukan gedung dan rak rak buku seperti perpustakaan biasanya karena perpustakaan ini adalah sebuah kotak kayu dengan ukuran sebesar kotak pos yang diletakkan di depann rumah.

Penggagas konsep perpustakaan ini adalah Todd Bol yang membangun perpustakaan mini di Tahun 2009 untuk menghormati almarhum ibunya. Dia membuat sebuah kotak kayu berbentuk rumah dan diisi dengan beberapa buku di depan rumahnya. Di kotak kayu ini diberikan tulisan bahwa siapapun dapat membaca buku dan meninggalkan buku. Ternyata ide ini sangat disukai oleh banyak pihak yang kemudian mulai banyak orang membuat ide serupa.

2. Perpustakaan Unta – Kenya

Perpustakaan Unta untuk Meningkatkan Minat Baca
Perpustakaan Unta

Berbeda dengan Amerika Serikat, di Kenya Unta yang berjasa untuk mengantarkan buku bacaan kepada orang-orang. Unta ini memanggul tas yang kedua sisinya berisi penuh buku yang kemudian bersama pustakawan melintasi padang pasir untuk menemui komunitas-komunitas atau orang lain.

Program ini pun digagas oleh Kenya National Library Service pada tahun 1985. Tujuannya adalah untuk meningkatkan Minat baca warga Kenya serta untuk memberantas buta huruf yang banyak terjadi di Negara mereka. Konsep ini pun berhasil dan banyak pihak yang meminta perpustakaan ini, namun sayang jumlah unta yang dimiliki masih sangat terbatas.

3. Mesin Peminjam Buku Otomatis – Amerika Serikat

Mesin Peminjam Buku Otomatis untuk Meningkatkan Minat Baca
Mesin Peminjam Buku Otomatis

Amerika Serikat nampaknya memang serius dalam meningkatkan Minat baca warganya. Hal ini dibuktikan dengan adanya mesin peminjam buku otomatis yang dapat melayani warganya yang ingin membaca buku kapanpun. Mesin ini banyak diletakkan di sudut sudut jalan di Amerika dan cara kerjanya mirip dengan mesin penjual rokok otomatis.

Tempat di mana mesin ini ditempatkan pun dipilih di lokasi yang sibuk seperti stasiun dan pusat pusat perbelanjaan. Mesin ini dapat melayani kebutuhan membaca seseorang selama 24 jam dan ini mesin seperti ini pun sudah mulai banyak digunakan di China. Apakah Indonesia akan tertarik menggunakannya? Kita lihat saja.

4. Perpustakaan dalam Perahu – Norwegia

Perpustakaan dalam Perahu untuk Meningkatkan Minat Baca
Perpustakaan dalam Perahu

Suasana berbeda dan desain yang unik pasti dapat membuat orang betah di Perpustakaan. Hal inilah yang disadari oleh pemerintah Norwegia untuk meningkatkan Minat baca warganya. Sama seperti namanya, perpustakaan ini dibangun di atas perahu dan selalu mendatangi tempat-tempat yang berbeda, khususnya ke tempat yang masih kekurangan akan sumber bacaan.

Perpustakaan perahu ini disebut pula dengan nama “Epos” dan selalu mengantarkan buku ke lebih dari 250 komunitas kecil di Fjord (pulau pulau kecil dengan karakteristik salju dan juga tebing curam). Kapal ini memiliki koleksi sekitar 6000 buku bacaan dan dilengkapi pula dengan beberapa kru yang bertugas sebagai nakhkoda, koki, beberapa pustakawan dan satu orang penghibur. (JPA/Ern)