32 Views

Inilah 3 Kesalahan Orangtua, Minat Baca Anak Tidak Berkembang

 

 

Minat Baca

Bagaimana kondisi Minat baca anak kita? Ada atau tidak? berkembang atau tidak? jangan salahkan dulu jika anak malas untuk membaca, sebab bisa jadi penyebabnya adalah kita sendiri. Benarkah demikian? Ya, ada beberapa kesalahan orangtua yang menyebabkan Minat baca anak menjadi tidak berkembang, berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Orangtua kurang respek dengan gelagat anak yang suka buku. Ada tipe anak yang memang senang dengan buku, tetapi orangtua kemudian lebih memilihkan mainan yang lain.
  2. Memberikan fasilitas menonton untuk anak seperti gadget, sehingga keinginan untuk membaca menurun hingga tidak Minat sama sekali. Menonton akan membuat anak malas bergerak, malas berpikir dan cenderung hanya menyaksikan apa yang dia lihat. Sementara jika membaca, anak akan berpikir, imajinasi akan bergerak dan sebagainya.
  3. Memberikan tekanan pada anak untuk membaca buku-buku pelajaran sehingga anak justru merasa aktivitas membaca tersebut membosankan dan menyiksa mereka. Sebaiknya beri juga kesempatan anak-anak membaca cerita, gambar yang menarik hati anak-anak.

Perhatikan kembali bagaimana perkembangan Minat baca anak kita di rumah. Orangtua bisa mendukungnya dengan mendekati mereka yang sedang memegang buku lalu membantu mereka membacakan dan menceritakan jika mereka masih sulit untuk membacanya. Atau bagi yang sudah membaca, ajak mereka menceritakan kembali isi bacaannya sambil menyampaikan pesan moral yang dibaca. (Ern)