37 Views

Inilah Dampak dan Solusi Jika Anak Tidak Memiliki Minat Baca

Banyak orangtua bertanya-tanya apa dampak jika anak mereka tidak memiliki Minat baca. Beberapa informasi di bawah ini akan membahas mengenai beberapa dampak serta beberapa solusinya agar Anda selaku orangtua mampu mengubah sikap untuk membantu anak Anda senang terhadap sebuah bacaan.

minat baca

Perlu diingat, anak haruslah dididik dengan strategi yang baik, bukan dengan cara pemaksaan dan Anda harus masuk ke dalam dunia anak, bukan anak yang harus masuk ke dalam dunia Anda, karena mereka belum mengetahui segala hal dan apa yang harus dilakukan.

Beberapa dampak jika anak tidak memiliki Minat baca

1.      Kurangnya pengetahuan untuk mampu bertahan hidup dan berkomunikasi dengan sesama. Hal ini sangatlah miris jika anak tidak memiliki pengetahuan dikarenakan kurangnya Minat baca, sehingga ketika mereka beranjak dewasa akan kesulitan berkomunikasi dengan sesamanya.

2.      Anak yang tidak memiliki Minat baca akan mudah untuk dikucilkan. Pada akhirnya mengakibatkan sebuah penurunan mental dan berujung kepada rusak psikisnya. Jika psikisnya rusak maka seorang anak bisa tidak terkendali bahkan mampu untuk berbuat sesuatu yang dianggap benar oleh dirinya tetapi belum tentu di benarkan oleh sekelilingnya.

3.      Kurang terasahnya otak sang anak dikarenakan mereka jarang untuk mengasah kemampuannya untuk merekam apa yang mereka baca. Karena seorang anak yang sering membaca lebih mampu untuk mengingat dengan cepat, sehingga mereka sangat mampu untuk membuat sebuah solusi dari setiap permasalahan.

Solusi untuk meningkatkan Minat baca anak

1.      Jangan biarkan Anda sibuk dengan pekerjaan Anda tanpa memikirkan sebuah komunikasi yang baik terhadap anak. Berkomunikasilah dengab baik dengan anak, kemudian lakukan sebuah “ajakan” tetapi lakukan dengan halus dan perlahan. Memang perlu proses, tetapi dalam keadaan itulah Anda diajarkan untuk bersabar. Secara otomatis anak akan merekam kesabaran Anda untuk bisa dipergunakan oleh mereka di masa yang akan datang.

2.      Ajak anak membaca buku  bersama-sama.  Buatlah sebuah kreasi dan inovasi baru untuk membuat anak senang dalam membaca. Inti utama dari membaca adalah mengenal sebuah ilmu pengetahuan dan pada akhirnya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, buatlah bacaan yang ringkas dan menarik kemudian buat mereka.

3.      Sering memperlihatkan diri sedang membaca di depan anak, baik itu pihak ayah maupun ibu. Hal ini merupakan sebuah metode “sublimasi” yang sangat ampuh, karena seorang anak akan mengikuti segala tingkah laku kedua orangtuanya, baik secara langsung maupun tidak. Dengan demikian, maka Anda akan melihat banyak sekali perubahan besar terhadap Minat bacanya.

4.      Sering mengajak anak untuk membuat sebuah karya dari apa yang telah mereka baca. Pengetahuan apapun pastinya bertujuan untuk sebuah aplikasi nyata, oleh karena itu ketika membaca ajarkan mereka untuk memahami secara mendalam sehingga pada aplikasi nyatanya mereka akan mendapatkan sebuah imajinasi serta inovasi baru yang menyenangkan.

Itulah uraian singkat mengenai informasi tentang dampak jika tidak memiliki Minat baca yang kemudian dilanjut dengan uraian singkat solusi untuk menghindari hal tersebut. Semoga dengan ulasan tersebut, dapat membantu Anda dalam meningkatkan Minat baca anak agar sang buat hati merasa senang dan berguna untuk masa depan anak kita. (CW/Ern)