20 Views

Jadikan Membaca Sebagai Sahabat Anak

Jadikan membaca sebagai sahabat anak, apa bisa?

Membangun kebiasaan membaca pada anak dapat dimulai sejak usia dini.     Situasi yang menyenangkan dapat membantu mereka untuk menumbuhkan minat bacanya.    Ajaklah anak untuk berkreasi dan turut berpartisipasi dalam rutinitas harian yang berkaitan dengan aktivitas membaca.

Beberapa tips bagi ayah bunda untuk menumbuhkan minat baca bagi anak-anak sebagai berikut :

Membuat Buku Sendiri

history-buku-najmi
Sumber : http://www.acikita.org/2014/03/30/sisi-unik-buku-menggali-potensi-anak-sejak-usia-dini-bagian-2-tamat/

Ajak anak untuk mengarang cerita yang mereka sukai.   Bimbing mereka untuk berkreasi dengan tulisannya dan ilustrasi atau gambar warna-warni. Libatkan mereka untuk membuat buku bersama dengan ayah bunda.     Misalnya ambil kertas A4 sebanyak 2-3 lembar.    Lipat dua, jadikan seperti buku.     Pinggiran kertas dapat distreples atau dibolongi dan dapat diikat dengan pita agar nampak cantik. Buat tambahan hiasan yang disukai anak. Setelah bukunya selesai, minta anak untuk membacakan kembali isi cerita yang telah mereka buat.

Libatkan Anak Dalam Kegiatan Orangtua         

Sumber : http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/perlunya-mengajari-anak-belajar-menulis-sejak-usia-dini.html
Sumber : http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/perlunya-mengajari-anak-belajar-menulis-sejak-usia-dini.html

Beri kepercayaan pada anak untuk membantu aktivitas yang biasa ayah bunda lakukan.    Misalnya, membuat kartu ucapan selamat ulang tahun untuk kakek/nenek, teman-teman mereka, oom/tante.      Biarkan anak berekspresi dengan tulisan dan gambarnya sendiri.    Bisa juga ketika ayah bunda akan pergi belanja bulanan, minta bantuan mereka untuk menuliskan dafar belanjaannya.     Mereka akan senang, apalagi ada kebutuhan mereka di dalam daftar belanjaan tersebut.   Ini akan membantu mereka untuk melatih menulis dan membaca.

Ajak Anak Bertukar Pikiran                                                                                                               

Libatkan anak dengan kondisi dan situasi di rumah.     Ajak mereka brain storming dan menyelesaikan masalah yang sedang ayah bunda hadapi. Tentunya sesuaikan dengan porsi masalah yang sedang terjadi.     Pancing imajinasi mereka agar mereka juga berani mengeluarkan pendapat dan memberikan ide-idenya.     Misalnya, bagaimana mengatasi tikus yang berkeliaran di rumah.     Berikan kesempatan mereka untuk berbicara mengeluarkan pendapatnya.     Arahkan agar ide-idenya dituangkan dalam bentuk tulisan dan gambar, lalu mereka akan membacakan dan menjelaskan ke ayah bunda, apa maksud dari tulisan dan gambar yang sudah mereka buat.    Ini akan membangun rasa kepercayaan diri anak, bahwa mereka juga senang dilibatkan dalam pemecahan suatu masalah.   Apapun itu ide mereka, hargailah. Hal-hal seperti ini juga dapat membangun rasa ingin tahu anak yang lebih dan lebih mendalam. Berawal dari sini, ayah bunda dapat memberikan hadiah buku bagi anak. Misalnya buku ensiklopedia anak tentang hewan, science dan lain-lain.

Ganti Nama Anak Dalam Tokoh Cerita                                                                                                           

Agar dalam membaca anak memiliki perhatian khusus, ganti nama tokoh dalam cerita di buku dengan nama si anak.   Mereka akan senang karena merasa diikutsertakan dalam cerita tersebut.  Apalagi jika ayah bunda dapat memilih buku yang sesuai dengan karakter dan kesukaan anak. Misalnya, cerita tentang Superman yang berani dan senang menolong.  Si superman tersebut diganti namanya dengan nama anak ayah bunda

Pengulangan Membaca Cerita Yang Sama          

Sumber : http://kringg.blogspot.com/2011/06/tips-untuk-pupuk-minat-anak-membaca.html
Sumber : http://kringg.blogspot.com/2011/06/tips-untuk-pupuk-minat-anak-membaca.html

Latihlah anak agar bisa membaca dengan cepat dan akurat.   Salah satu caranya dengan memberikan buku bacaan yang sama.    Ajak anak untuk membaca buku tersebut berulang-ulang.   Misalnya dalam sehari buku yang sama bisa diulang 2-3 kali, di waktu yang berbeda agar anak tidak bosan. Dengan terbiasa membuka cerita yang sama mereka akan hafal isi ceritanya.   Ini dapat melatih memori mereka, karena melalui metode pengulangan tersebut dapat membantu anak agar lebih cepat dan akurat dalam membaca

Jangan Putus Rasa Ingin Tahu Anak                                                                                                                 

Dalam membaca, terkadang anak akan menemui kata-kata asing yang membuat mereka akan berhenti sejenak dan jadi tidak memahami apa maksud dari cerita tersebut.   Bila anak bertanya, jawablah dengan memberikan penjelasan yang lengkap.   Anak akan terus bertanya bila mereka masih belum puas dengan jawaban kita.   Bersabarlah!   Bantu mereka memahami makna dari kata asing yang mereka belum pahami.   Jangan putus pertanyaan mereka hanya karena kita sedang sibuk atau malas menjawabnya.

Membaca dan Mengalami                                                                                                                                        

Apa yang sudah dibaca dengan anak, dapat ayah bunda kaitkan dengan pengalaman mereka dalam kehidupan sehari-hari.   Misalnya, membaca tentang cerita burung, dikaitkan kembali dengan pengalaman anak ketika jalan-jalan dengan ayah bunda ke kebun binatang.   Perkaya bacaan mereka dengan cerita yang pernah mereka alami sendiri.

Manfaatkan Waktu Luang Dengan Membaca                                                                                                

Biasakan untuk membawa buku atau majalah di dalam tas dan kendaraan.   Kemanapun pergi, misalnya sedang menunggu di ruangan dokter, apotik atau macet di jalan, ayah bunda dapat mengajak mereka untuk membaca buku yang sudah disiapkan.    Walaupun terkadang di ruang tunggu dokter atau apotik sudah tersedia buku, namun belum tentu itu adalah buku yang menarik bagi anak.   Biarkan mereka memilih sendiri, buku apa yang disediakan atau stand by di dalam tas dan kendaraan.

Menggali Lebih Dalam Suatu Cerita                                                                                                                       

Ajak anak untuk mendiskusikan tentang isi cerita dari buku yang sudah dibaca.   Gali lebih dalam cerita tersebut, misalnya mengapa si kancil itu bisa rakus ya?  Pancing mereka dengan pertanyaan lainnya lagi.   Ini dapat melatih analisa anak dalam menghadapi suatu situasi dan kondisi tertentu.

Anak Membacakan Cerita Untuk Ayah Bunda         

Sumber : http://erlanggaforkids.com/read-a-story/artikel/217-ajak-anak-anda-suka-membaca.html
Sumber : http://erlanggaforkids.com/read-a-story/artikel/217-ajak-anak-anda-suka-membaca.html

Jadikan waktu sebelum tidur menjadi waktu yang paling berharga untuk mengakrabkan diri dengan anak-anak.   Apalagi bila ayah bunda yang bekerja.   Luangkan waktu untuk menjadi pendengar yang baik bila mereka ingin bercerita.    Berikan kesempatan bagi mereka untuk membacakan buku yang mereka sukai.    Buat situasi sebaliknya.   Biasanya orang tua mendongeng untuk anaknya, gantian anak yang membacakan buku untuk orang tuanya.    Berinteraksilah dengan anak-anak dan tunjukan bahwa ayah bunda antusias ketika mereka sedang membacakan buku untuk kita.  Ini dapat melatih kelancaran mereka dalam membaca.

Cerita Pengalaman Keluarga                                                                                                                                 

Anak akan antusias apabila diceritakan pengalaman masa kecil mereka atau pengalaman masa lalu ayah bunda.   Apalagi cerita itu menarik dan lucu.    Biasanya mereka memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang topik ini.    Jadikan ini sebagai obrolan menarik dan ajak mereka untuk menuangkan cerita ayah bunda tadi kedalam bentuk tulisan dan gambar.    Tempelkan hasil karya mereka di dinding kamar atau lemari pakaiannya.

Tempelan Cantik                                                                                                                                                      

Dalam membantu kosakata anak, baik itu Indonesia dan Inggris, ayah bunda bisa bantu untuk mengarahkan anak membuat flash cards sendiri dengan post it.     Misalnya dalam satu post it, buat kata kulkas dan refrigerator.    Berikan mereka spidol warna warni.    Biarkan anak membuat dengan tulisannya sendiri, lalu ajak mereka untuk menempelnya di kulkas rumah.     Setiap kali mereka buka kulkas, mereka akan baca kata-kata itu sekaligus mengingatkan spelling englishnya.    Begitu juga dengan benda-benda lain yang ada di rumah, yang memungkinkan bisa ditempel-tempel, dapat dimanfaatkan dengan cara yang sama.   Jadi anak tidak hanya melihat secara abstrak, tetapi mereka dapat menyentuh dan merasakan langsung.

Berlangganan Majalah                                                                                                                                      

Daftarkan anak untuk berlangganan majalah yang mereka sukai.    Ketika majalah datang ke rumah, mereka akan antusias untuk membuka dan mambacanya.

Sumber : http://siraplimau.com/10-tips-ajar-anak-cepat-membaca-pupuk-minat-dari-kecil/

Komunitas Baca                                                                                                                                                           

Ajak anak untuk ikut bergabung dengan klub atau komunitas baca.    Berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh klub tersebut.    Dengan bergabung di klub baca, anak akan melihat teman-teman sebayanya melakukan minat yang sama, yakni membaca.    Ini akan membantu memotivasi mereka bila lingkungan sekitarnya juga kondusif dan mendukung mereka untuk membaca.(Bunda Ranis)