172 Views

Buku yang Baik untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Dini

Minat baca dapat dipupuk sejak dini, bahkan sejak anak belum dapat membaca. Hal ini dapat dilakukan dengan cara banyak membacakan cerita kepada anak, membudayakan membaca serta dengan cara memberikan banyak buku yang menarik dan tepat bagi anak.

Buku untuk Menumbuhkan Minat Baca

Memilih buku, terutama bagi anak dan balita, memang tidak mudah. Buku untuk mereka haruslah memiliki karakteristik dan konten yang tepat. Nah, jika Anda memiliki anak bayi dan balita, berikut ini terdapat beberapa tipe buku yang dapat anda berikan untuk mereka untuk mengajarkan membaca serta menumbuhkan Minat baca anak dan Balita.
1. Cover yang Menarik
Buku yang baik untuk anak dan balita haruslah memiliki sampul atau cover yang menarik perhatian. Hal ini akan membuat anak tertarik dan secara tidak langsung Minat bacanya akan terangsang. Pilihlah cover atau sampul buku dengan warna yang mencolok, ceria dan akan lebih baik lagi jika terdapat beberapa gambar karakter favorit anak-anak kita.

2. Pilihlah Buku yang Tipis
Memberikan atau membelikan buku yang tipis untuk anak adalah sebuah langkah yang tepat untuk memulai menumbuhkan Minat baca pada anak usia dini. Sudah tentu anak kita tidak akan tertarik dengan buku yang tebal dan terlihat membosankan bukan? Oleh karena itu, sebagai orangtua kita tidak perlu mengharuskan dan memaksa anak membaca ensiklopedia yang sangat tebal. Akan lebih baik jika memberikan buku tipis yang hanya memiliki beberapa halaman saja.

Buku yang tipis ini dipilih bukan tanpa alasan. Pemilihan buku yang tipis akan merangsang anak supaya tidak malas membaca. Selain itu, biasanya balita senang membawa barang-barang yang baru. Oleh karena itu, mereka akan kesulitan membawa kemana-mana jika kita memberikan buku yang tebal.

3. Memilih Buku dengan Banyak Gambar
Selanjutnya, untuk meningkatkan Minat baca pada anak usia dini, kita dapat memilih buku yang memiliki banyak gambar. Memberikan buku dengan terlalu banyak tulisan akan membuat anak gampang bosan. Hanya beberapa menit saja mereka akan menutup buku tersebut dan akan lebih membahayakan lagi jika kemudian mereka malas membacanya.

Oleh karena itu, pilihlah buku dengan variasi gambar dan warna yang menarik sehingga anak tidak akan bosan dan sering membuka buku tesebut. Hal ini didukung dengan fakta bahwa pada usia balita biasanya anak lebih senang dengan buku yang memiliki banyak gambar dibandingkan dengan buku yang memiliki dominasi gambar menarik.

4. Perhatikan Konten Buku
Hal terakhir yang harus anda perhatikan dalam memilih buku yang tepat untuk menumbuhkan Minat baca balita adalah konten atau isi buku. Memilih buku dengan konten yang sesuai akan menentukan karakter anak kedepannya.

Nah, pada usia balita ini, pilihlah buku yang dapat merangsang kerativitas anak.
Selain itu, kita sebagai orang tua pun dapat memilih buku yang mampu mengenalkan huruf atau angka, namun harus tetap dengan tampilan yang menarik. Hal ini karena buku adalah awal pembelajaran pendidikan formal yang nantinya akan didapatkan oleh  anak di sekolah.

Jelas sekali bahwa memilih buku yang tepat bagi bayi dan balita dapat merangsang mereka untuk memiliki Minat baca yang baik dan ini tentu tidak ada ruginya bagi anak. oleh karena itu, langkah langkah diatas pun sangat penting untuk dilakukan oleh orang tua. (JPA/Ern)