41 Views

Cerdas Sama dengan Sukses! Benarkah?

Benarkah keberhasilan seseorang ditentukan oleh seberapa jenius otak seseorang? Semakin jenius maka akan semakin sukses, semakin kita mendapat juara maka semakin sukses kita. Benarkah demikian? Sebagai orang dewasa kita pasti menginginkan anak kita menjadi anak yang sukses di masa yang akan datang. Maka dari itu kita memberikan pendidikan pada anak. Anak harus bisa mengikuti pelajaran di sekolah, anak harus mendapat peringkat di sekolah, agar anak bisa sukses.

anak-cerdas

Namun apakah anak senang apabila dipaksa belajar? Tentu saja tidak, kita sebagai orang dewasa juga tidak ada yang suka dipaksa apalagi anak-anak. Kita memaksa anak belajar dengan dalih agar anak sukses dikemudian hari tetapi dasarnya anak tidak menikmati proses belajar tersebut sehingga anak merasa beban dan stress karena terlalu banyak belajar.

Tahukah Ayah bunda, bahwa kesuksesan seseorang ternyata tidak hanya dinilai dari kecerdasan anak semata, tetapi yang lebih utama adalah emosional seseorang. Bagaimana caranya anak bisa membangun hubungan yang baik terhadap dirinya sendiri, masyarakat, dan Tuhannya. Karakter inilah yang membuat orang sukses terutama hubungan spiritual terhadap Tuhannya.

Saat anak usia dini, masa perkembangan fisik, mental dan spiritual anak mulai terbentuk. Karakter anak terbentuk dari hasil belajar dan menyerap perilaku orang-orang di sekitarnya. Perkembangan mental anak juga berlangsung sangat cepat, anak menjadi sangat sensitif dan peka dalam mempelajari sesuatu yang dilihat, didengar dan dirasakan. Oleh karena itu, lingkungan yang positif akan membantuk karakter anak menjadi positif pula dan berdampak pada kesuksesan anak. Ayah bunda marilah kita bangun karakter positif anak sejak usia dini dan jangan pernah memaksa anak agar pintar, karena kepintaran seseorang tidak bisa menjamin apakah anak akan bahagia atau sukses di masa yang akan datang. (ern)