49 Views

Kado Istimewa di Hari Anak Nasional

Sumber : http://kadohadiahmu.com/2012/12/tips-bagi-bagi-kado-tahun-baru-berdasarkan-bintang-1/
Sumber : http://kadohadiahmu.com/2012/12/tips-bagi-bagi-kado-tahun-baru-berdasarkan-bintang-1/

Menyambut hari anak nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli kemarin, beberapa institusi memberikan apresiasi bagi anak-anak Indonesia. Pernahkah kita merenung, ingin memberi kado istimewa apakah bagi anak-anak kita di momen spesial ini? Anggap saja momen hari anak nasional ini merupakan hari ulang tahun anak kita, tentunya kita ingin memberikan sesuatu yang terbaik, yang mereka sukai, yang berguna dan terkesan bagi mereka.

 Tahun ini, Presiden SBY memberikan kado istimewa bagi 12 orang anak Indonesia yang terpilih dari siswa SD, SMP dan SMA. Anak-anak ini boleh mengikuti kegiatan presiden selama sehari penuh 24 jam. Pak SBY memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengetahui apa saja yang dikerjakan oleh presiden selama 24 jam. Tujuan diadakannya program ini agar anak-anak Indonesia termotivasi dan terinspirasi untuk menjadi pemimpin di negara Indonesia. Selain itu, Pak SBY juga memberikan kado istimewa berupa lagu ciptaannya yang berjudul “Aku Bangga Jadi Anak Indonesia”. Lagu ini diciptakan beliau dua pekan yang lalu, dan pertama kalinya diperdengarkan pada peringatan hari anak nasional.

Kado istimewa lainnya diberikan oleh raksasa mesin pencari internet, Google. Bentuk partisipasi Google dengan memajang desain dekoratif logo unik (google doodle) bertemakan anak-anak di laman situsnya. Pada tulisan google terdapat tampilan huruf O nya dengan gambar dua orang anak SD mengenakan pakaian seragam pramuka dan seragam merah putih sambil bergandengan tangan. Dikarenakan Hari Anak Nasional ini hanya diperingati di Indonesia, maka tampilan tersebut hanya akan dapat dilihat oleh pengguna internet dengan IP Indonesia saja atau yang menuliskan alamat Google Indonesia.

Berbeda halnya dengan wujud kado istimewa yang diberikan anak-anak di beberapa sekolah. Misalnya saja, di sekolah anak saya. Pada momentum hari anak nasional ini, setiap anak memberikan apresiasi kepada teman-teman sebayanya, para kaum dhuafa dan anak-anak yatim piatu. Tiap siswa membawa kado masing-masing, bisa berupa peralatan tulis atau peralatan sholat. Kado ini di bawa ke sekolah dan dibungkus sendiri oleh tiap siswa, kemudian semua siswa akan berkunjung ke rumah para dhuafa dan yatim piatu di sekitar area sekolah. Selain itu, adapula wujud apresiasi dari orang tua siswa kepada anaknya. Setiap orang tua wajib menyediakan kado istimewa sebagai suprise bagi anaknya. Kado yang diberikan bebas asalkan mendidik, dengan kisaran harga Rp. 20.000 – Rp. 50.000. Kado tersebut dibungkus sampul coklat, diberi nama, kelas serta kata-kata terindah untuk anak dari orang tuanya. Program ini tidak diketahui oleh si anak, dan akan menjadi surprise saat dibagikan kepada anak oleh wali kelasnya masing-masing.

kado2
Sumber : www.google.co.id

Apapun itu wujud kado istimewa yang kita berikan untuk anak merupakan salah satu bentuk perhatian dan kasih sayang kepada mereka. Hal ini selaras dengan tema hari anak nasional pada tahun ini, yaitu “Indonesia yang ramah dan peduli anak dimulai dari pengasuhan dalam keluarga”. Karena keluargalah sebagai lingkungan terdekat dengan anak, maka keberhasilan anak tentunya tidak lepas dari peranan dan tanggung jawab orang tuanya.

Wujud kado itu sebenarnya tidak harus berupa barang, apalagi dengan nominal yang mahal. Kebahagiaan anak-anak tidak selamanya diukur dari materi belaka, namun ternyata ada hadiah yang lebih terkesan dan akan membentuk pribadi mereka hingga mereka dewasa kelak. Kado istimewa pada hari anak nasional saat ini adalah bersedia memberikan diri kita untuk mau menjadi sahabat anak, yang menaruh kasih di setiap waktu.

Pada momen kali ini, mari kita merefleksikan diri untuk mengambil tindakan menjadikan diri kita sebagai sahabat anak. Tindakan ini adalah tindakan sederhana tetapi memberikan dampak besar bagi mereka. Kita bisa menjadi teman curhatnya anak sehingga kita bisa langsung tahu apa permasalahan mereka dan membantu menemukan solusinya. Kita juga mencoba untuk empati dengan dunianya anak-anak, dengan menjadi teman bermainnya mereka. Kita bersedia menyediakan waktu untuk selalu dekat dengan mereka, dengan membacakan cerita untuk anak.

Hal tersebut merupakan hal-hal yang sangat disukai anak, dan setiap orang dewasa dapat dengan mudah melakukannya. Hanya saja, tinggal niat kita yang harus diperkuat sehingga waktu yang kita berikan kepada anak bukan hanya sisa waktu saja. Hal yang perlu kita ingat bersama, bahwa keberadaan satu anak di negeri ini sangat berarti. Mengabaikan satu jiwa berarti mengabaikan masa depan bangsa. Orang bijak mengatakan bila anak dibesarkan dengan emosi, maka dia belajar berkelahi. Bila anak dibesarkan dengan caci maki maka dia belajar rendah diri, bila anak dibesarkan dengan motivasi, dia belajar percaya diri, dan bila anak dibesarkan dengan kasih sayang maka dia menemukan cita sejati. Mari berikan kado istimewa di Hari Anak Nasional ini dengan menjadi sahabat anak yang menaruh kasih di setiap waktu.(Bunda Ranis)

Referensi :

http://www.republika.co.id/berita/trendtek/internet/13/07/24/mqcrvz-google-ikut-peringati-hari-anak-nasional-2013

http://www.setkab.go.id/berita-9605-kado-hari-anak-nasional-sby-ajak-12-anak-indonesia-ikuti-kegiatan-presiden-24-jam.html

http://polhukam.rmol.co/read/2013/07/23/119553/Lagu-Terbaru-SBY-Dikumandangkan-di-Peringatan-Hari-Anak-Nasional-

Tinggalkan Balasan