226 Views

Kapan Waktu yang Tepat untuk Anak Belajar?

Buatlah kesepakatan dengan anak mengenai jadwal belajar dan bermain
[anakcerdas.net]
Setiap anak memiliki cara sendiri dalam menyelesaikan tugasnya. Libatkan mereka dan buat kesepakatan, sehingga mereka akan merasa itu sebagai tanggung jawabnya, bukan karena perintah dari orangtua tetapi kesadaran dirinya sendiri. Diskusikan dengan anak, kapan waktu terbaik yang mereka inginkan untuk belajar karena setiap anak memiliki selera waktu tersendiri untuk belajar.

Ada anak yang merasa lebih konsentrasi di pagi hari sebelum berangkat sekolah, sore hari sepulang sekolah, ada pula yang lebih menyukai malam hari. Jangan mematokkan waktu jam sekian anak harus belajar sebelum adanya kesepakatan bersama, agar anak tidak merasa dikekang atau dipaksa belajar. Pilihlah waktu yang tidak bersamaan dengan jam main anak dan jangan pula terlalu larut karena khawatir anak sudah lelah.

Ayah bunda di saat anak belajar sebisa mungkin hindari menggunakan hadiah dan hukuman. Hadiah membuat anak merasa bahwa belajar tidak layak ditekuni tanpa adanya imbalan, sebaliknya hukuman membuat anak mengaitkan belajar dengan rasa sakit yang mengakibatkan anak benci belajar.

Kita bantu anak untuk menentukan prioritas tugas mana yang harus dikerjakan terlebih dulu ataupun mana yang anak sukai terlebih dahulu. Selain itu, sepakati pula berapa jam waktu yang akan mereka alokasikan untuk belajar atau membaca dalam sehari. Latih ia untuk menentukan jadwal pribadinya dan libatkan anak dalam proses kesepakatan tersebut. Jadi, kapan waktu yang tepat untuk anak Anda belajar? (Ern)