52 Views

Kata-kata yang Tidak Boleh Diucapkan pada Anak

Ayah bunda, anak memiki daya ingat yang tinggi terhadap lingkungan sekitar, maka dari itu kita harus berhati-hati dalam bersikap dan berkata-kata kepada buah hati kita. Terkadang kita baru menyadari kata-kata yang kita ucapkan kepada anak tidak pantas dan hanya karena emosi sesaat yang membuat terpaksa berkata kasar.

Memang kalimat kasar sering dilontarkan oleh orangtua yang merasa sudah kelelahan misalnya sehabis pulang kerja atau sehabis mengerjakan pekerjaan rumah yang tiada habisnya, sehingga tanpa sadar kita sering berkata, “Jangan ganggu ibu,” ucapan semacam ini akan disimpan dan akan ditiru oleh anak ketika dewasa.

kata-kata

Selain itu kita tidak boleh memberikan label yang buruk pada anak kita, misalnya ketika Ayah bunda bertemu dengan teman atau sanak saudara, “Anak saya itu penakut”, “Anak saya manja”, “Anak saya nakal” karena anak anak menelan mentah-mentah sebutan itu, label semacam itu akan melekat dalam benak anak seumur hidup sehingga akan membentuk pribadi anak sesuai dengan label itu.

Seorang anak belum mampu mengekspresikan emosinya melalui kata-kata sehingga anak anak menyalurkan dengan menangis, kita jangan melarang anak menangis karena bila anak dilarang menangis hal ini akan memberikan kesan bahwa emosi anak tidak benar, alangkah baiknya kita mengatakan bahwa kita memahami perasaan sedih atau takut yang dialami sang buat hati.

Hal yang paling penting yang sering diucapkan orangtua adalah membanding-bandingkan anak dengan orang lain, “Mengapa kamu tidak bisa seperti dia?” kita perlu menyadari bahwa setiap individu terlahir berbeda dan memiliki kepribadian serta kemampuan sendiri.   Mulai saat ini yuk kita ucapkan kata-kata yang baik pada anak. (Ern)

Tinggalkan Balasan