15 Views

Kemeriahan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 bersama staf biMBA

Peresmian Acara Peringatan HUT Kemerdekan RI

“Tujuan kita menstimulasi minat belajar pada anak adalah untuk memerdekakan manusia. Ketika seseorang sudah memiliki minat belajar dan menjadi pembelajar, ia akan merdeka, sehingga tidak mudah emosi. Manusia yang bahagia hanya punya tiga syarat yaitu yakin kepada Tuhan, beramal sholeh dan selalu menjadi pembelajar serta mengingatkan sesama dengan kebenaran dan kesabaran”. Tutur Bapak Bambang Suyanto, Ketua YPAI dalam sambutannya di acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 bersama staf biMBA.

Acara yang mengusung tema “Bersama biMBA-AIUEO mengisi kemerdekaan dengan semangat kerjasama membangun bangsa yang mandiri” itu terlaksana pada tanggal 20 Agustus 2016 serta dipandu oleh MC, Ibu Niken Retno dan Bapak Hari Perwira.  Acara yang digelar di depan Graha biMBA tersebut dihadiri oleh kurang lebih 200 orang staf biMBA, Lurah Palmerah beserta jajarannya, Ketua RW setempat dan Ketua YPAI sebagai tuan rumah.  Lagu Indonesia Raya oleh siswa-siswi Homeschoolling menjadi pembuka acara seremoni.

Senada dengan ketua YPAI, Bapak Muhammad Ilham, S.IP, Lurah Palmerah dalam sambutannya juga menyerukan tentang pentingnya minat baca dan belajar agar dapat merasakan nikmat merdeka sepenuhnya. Mengapa begitu? Karena jika kita tidak mempunyai minat baca maka akan bodoh, sehingga kita akan terjajah oleh diri sendiri.

Kemerdekaan juga diartikan sebagai kemandirian sebuah bangsa dalam upaya memberikan kesejahteraan kepada rakyatnya, sehingga tidak tergantung pada negara lain. Hal itu dicirikan dengan karakter setiap warga negaranya yang senantiasa semangat untuk bekerjasama dalam meningkatkan kualitas, potensi dan sumber daya yang dimiliki.  Harapan itu disampaikan oleh Bapak Ridwansyah Rivany selaku ketua panitia.

Pengguntingan pita merah putih oleh Lurah Palmerah merupakan simbol dimulainya serangkaian acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 bersama staf biMBA.  Selepas dhuhur, panitia lomba pun mengambil alih kendali acara.  Para koordinator lomba beserta anggotanya berusaha mempersiapkan beragam lomba dengan sebaik-baiknya. Delapan macam lomba meliputi :
1.      Lomba makan kerupuk
2.      Lomba estafet sarung
3.      Lomba menduduki balon dan membawa bendera
4.      Lomba estafet kardus
5.      Lomba pesan berantai
6.      Lomba membawa kelereng dan memasukkan sumpit ke dalam botol
7.      Lomba ambil koin dari melon
8.      Lomba tebak kata

Keseluruhan peserta lomba dibagi atas dua tim yaitu tim merah dan tim putih. Sorak-sorai dari peserta lomba maupun pendukung masing-masing tim selalu menggema di setiap sesi lomba.

Pergantian hari dari siang ke malam menjadi petanda sesi hiburan siap untuk digelar.  Kemeriahan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 bersama staf biMBA dibuka dengan senam Gemu fa mire oleh staf Graha biMBA.  Senam dari Indonesia bagian timur itu dibawakan secara rancak dan penuh kegembiraan oleh setiap personel.  Medley lagu Berkibarlah Benderaku, Kebyar-kebyar dan Laskar Pelangi dengan iringan gitar secara akustik oleh siswa-siswi Homeshoolling menambah amunisi antusiasme para penonton untuk ikut bernyanyi.  Tiara, siswi Homeschoolling beraksi tunggal dengan modern dance nya.  Tarian Cindai oleh staf biMBA Tanjung Duren semakin memeriahkan suasana. Penarikan 17 doorprize hiburan secara bergantian dengan acara hiburan, membuat semua yang hadir tidak mau beranjak dari tempat duduknya.

Teatrikal yang ditampilkan oleh Staf biMBA S.Parman merupakan bingkai perjuangan anak bangsa dari jaman proklamasi hingga tercetusnya ide untuk membimbing minat baca dan minat belajar anak melalui biMBA-AIUEO agar tercipta generasi pembelajar mandiri sepanjang hayat.

Paduan suara dan musikalisasi puisi lagu “Kebyar-kebyar” dari biMBA Logistik semakin membakar semangat semua yang menyaksikan acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 bersama staf biMBA. Musikalisasi puisi “Karawang-Bekasi” dari Graha biMBA menjadi puncak gemuruh semangat.  Penampilan band Momo and the wet food dari staf Graha biMBA menjadi ajang unjuk gigi karyawan yang memiliki talenta bermusik.  Penarikan grand prize dan pembacaan doa oleh Bapak Rahmad Yanto merupakan penutup keseluruhan acara hari itu. (Nik)

Sambutan Ketua Panitia Peringatan HUT Kemerdekaan RI
Sambutan Ketua Panitia
Sambutan Ketua YPAI
Sambutan Ketua YPAI
Sambutan Lurah Palmerah
Sambutan Lurah Palmerah
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Lomba Makan Kerupuk
Lomba Makan Kerupuk
Lomba Kelereng
Lomba Kelereng
Lomba Menduduki Balon
Lomba Menduduki Balon
Lomba Estafet Sarung
Lomba Estafet Sarung
Lomba Estafet Kardus
Lomba Estafet Kardus
Lomba Ambil Koin dari Melon
Lomba Ambil Koin dari Melon
Senam Gemu Fa Mire oleh Staf Graha biMBA
Senam Gemu Fa Mire oleh Staf Graha biMBA
Tarian Cindai oleh Staf Tanjung Duren
Tarian Cindai oleh Staf Tanjung Duren
Teatrikal dari Staf S.Parman
Teatrikal dari Staf S.Parman
Musikalisasi Puisi dan Lagu oleh Staf Logistik
Musikalisasi Puisi dan Lagu oleh Staf Logistik

 

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache