52 Views

Kenali Gaya Belajar Anak Sebelum Menyampaikan Materi Bahasa Inggris

Bagaimana kenali gaya belajar anak?

anak6

Mama, papa ternyata masing-masing anak memiliki gaya belajar berbeda-beda. Nah, supaya semakin mudah bagi kita selaku orangtua untuk mendampingi anak-anak kita dalam belajar Bahasa Inggris, pada kesempatan ini saya mau sekedar ‘sharing’ atau berbagi informasi tentang gaya belajar anak supaya anak-anak dan kita selaku orangtua bisa lebih mudah dan menyenangkan dalam belajar Bahasa Inggris yang notabene adalah bahasa kedua bagi kita. Dengan mengenali gaya belajar anak-anak kita, kita bisa menyampaikan Bahasa Inggris dan juga pelajaran-pelajaran lain dengan lebih mudah karena kita tahu gaya belajar seperti apa buat anak-anak kita yang lebih pas untuknya. Nah, mama, papa, ternyata ada tiga (3) tipe gaya belajar yang ada pada diri seseorang, yaitu:

 

Gaya Belajar ‘Auditory’

v2Gaya belajar ini lebih berkekuatan pada daya dengar si anak. Kita bisa mengetahuinya ketika si anak dengan mudah menghafal lirik lagu meski dia hanya sering mendengar lagunya, atau kalau diajak berbicara meski dia sedang mengerjakan sesuatu dia mampu menangkap kemudian malah memberikan respon yang tepat. Dia akan sangat betah dan nyaman berada lama-lama di ruang lab Bahasa Inggris. Belajar bahasa inggris dengan anak yang memilki gaya belajar seperti ini bisa kita lakukan dengan mengajak anak untuk menengarkan lagu tertentu, mendengarkan kemudian mengulang kata-kata (vocab) Bahasa Inggris dengan media computer dan headsetnya. Anak-anak dengan gaya belajar ini temtu saja akan memiliki kecenderungan ‘plus’ atau bernilai lebih pada ‘Listening Skill’ nya kelak dalam belajar Bahasa Inggris.

Gaya Belajar ‘Visual’

v3Gaya belajar ini lebih berkekuatan pada daya lihat si anak. Tipe anak dengan gaya belajar ini bisa terlihat ketika si anak bisa berlama-lama ‘mantengi’ acara TV, suka memperhatikan penampilannya dengan cukup detail, dan lain-lain. Belajar Bahasa Inggris dengan anak-anak yang memilki gaya ini bisa kita lakukan dengan mengajak anak-anak menonton film-film animasi pendek misalnya atau dengan menggunakan kartu-kartu bergambar untuk mengenalkan kata-kata (vocab) dalam Bahasa Inggris. Anak-anak dengan gaya belajar ini akan lebih mudah menangkap suatu pelajaran atau informasi dengan simbol. Seperti yang kita ketahui bahwa simbol itu ada dua (2) yaitu: angka dan huruf, jadi anak-anak ini akan mudah mengingat atau menagkap suatu informasi yang disampaikan melalui gambar.

Gaya Belajar ‘Kinesthetic’

v4Gaya belajar ini memilki kecenderungan untuk ‘melakukan gerakan-gerakan’. Jika mama, papa, sering menjumpai ‘Kok anak ini gak mau diam ya?’, ini bukan berarti anaknya ‘bandel’, bisa jadi memang si anak memiliki gaya belajar kinestetik ini. Si anak akan mudah menyerap informasi atau pelajaran apabila sambil ‘dipratekkan’ atau sambil dilakukan. Belajar Bahasa Inggris dengan gaya belajar ini bisa kita lakukan dengan mengajak anak-anak melakukan suatu aktivitas, seperti bernyanyi dan menari ‘Let’s Sing and Dance!’, atau dengan memasak bersama ‘Cooking Time’.

Masing-masing anak dengan kecenderungan gaya belajar diatas bisa juga merupakan gabungan atau perpaduan satu gaya belajar dengan gaya belajar lainnya. Seperti misalnya anak-anak dengan gaya belajar ‘Auditory’, dia juga bisa dengan perpaduannya dengan gaya belajar lainnya sperti ‘Visual’ jadi bisa menjadi Auditory-Visual (jika yang lebih kuat memang ‘Auditory’ makanya urutan sebutannya adalah ‘Auditory’ dahulu baru ‘Visual’ begitu pula sebaliknya). Nah, mama, papa, setelah kita sedikit banyak tahu tentang gaya belajar anak yang berbeda, mari kita mulai mengarahkan diri kita untuk bisa mendampingi anak-anak kita mempelajari banyak hal dengan situasi, cara yang nyaman dan menyenangkan untuk anak-anak kita. Selamat mencoba ya mama, papa!

bimbingan MINAT baca dan Belajar Anak

Oleh Vebi AIUEO