53 Views

Kenali Jenis Emosi Anak

[Pentas Baca Surabaya 2014]

Ayah bunda, seperti halnya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami letupan emosi.  Ekspresi emosi anak berbeda antara satu dengan yang lainnya.  Anak bertipe kepribadian ekstrovert lebih mudah diketahui gejolak emosinya dibandingkan anak introvert.  Hal tersebut menuntut orangtua untuk jeli mengamati perilaku anak.  Salah satunya dengan kenali jenis emosi anak yang menurut Hurlock antara lain :

Marah
Marah adalah jenis emosi anak yang disebabkan oleh terhambatnya keinginan.  Ekspresi emosi anak yaitu menangis, berteriak, memukul, membanting barang dan berguling-guling di lantai.

Takut
Takut [segelaskopihangat.blogspot.com]
Takut
Takut adalah jenis emosi anak yang berkaitan erat dengan upaya pertahanan diri terhadap bahaya. Rasa takut juga bisa ditimbulkan oleh ingatan tentang pengalaman yang tidak menyenangkan. Ekspresi emosi anak yaitu panik, lari, menghindar, menutup muka, bersembunyi dan menangis.

Cemburu
Cemburu adalah jenis emosi anak karena adanya rasa tidak nyaman dengan kehadiran seseorang yang dianggap sebagai kompetitor. Biasanya terjadi pada kelahiran adik di tengah keluarga.  Anak merasa adanya pengalihan perhatian dari orangtua dan orang-orang dewasa di sekitarnya.  Ekspresi emosi anak yaitu usil, tidak menyukai bahkan melukai adiknya.

Gembira atau Senang
Gembira adalah jenis emosi anak sebagai bentuk ungkapan perasaan terhadap situasi atau sesuatu yang sesuai dengan harapan.  Ekspresi emosi anak bermacam-macam yaitu tepuk tangan, tertawa, tersenyum, melompat-lompat kegirangan, mencium benda atau orang yang disayanginya.

Gembira
Gembira
[Majalah Sahabat biMBA]
Sedih
Sedih adalah jenis emosi anak atas kehilangan sesuatu yang dianggap penting dan dicintainya. Bisa karena berpisah dengan teman bermain atau kehilangan binatang kesayangannya.  Ekspresi emosi anak yaitu menangis, berwajah murung, ngambek atau tidak mau makan.

Ayah bunda pasti tidak ingin mudah emosi dalam menghadapi anak, kan?
Mari, kita kenali jenis emosi anak!
(Nikk)

Referensi :

http://telaga.org/audio/membantu_anak_yang_cemburu

http://seputarduniaanak.blogspot.com/2009/05/ragam-emosi-si-kecil-artikel-ini.html

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/39822/4/Chapter%20II.pdf

http://erwinagiovani.blogspot.com/2013/04/perkembangan-emosi.html