9 Views

Ketika Anak Melakukan Kesalahan

Tahukah Ayah bunda, di dunia ini tidak ada satu orang pun yang hidup tanpa melakukan kesalahan. Meminta maaf adalah perbuatan yang baik yang dilakukan ketika kita melakukan kesalahan pada orang lain, sifat tersebut harus ditanamkan kepada anak sejak dini.

kesalahan

Anak adalah peniru yang hebat, jika kita memberi contoh yang baik dalam meminta maaf maka anak pun akan menirukan dan membiasakannya. Misalnya ketika kita tidak sengaja menjatuhkan makanan yang sedang dipegang anak, maka kita harus katakan, “Maafkan Bunda ya, bunda tidak sengaja menjatuhkannya.” Lalu kita tunjukkan bahasa tubuh dengan memeluk anak.

Selain mengucapkan maaf, kita juga harus didik anak bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukannya, tetapi harus kita pahami jangan sekalipun memarahi, membentak atau memukul anak, jika mereka bersalah karena suatu saat anak bisa melakukan hal yang sama dikemudian hari.

Sebagai contoh ketika anak tidak sengaja mendorong temannya sampai jatuh dan temannya terluka, maka kita minta anak untuk membantu mengobatinya dengan memberikan plester. Nah ini merupakan bagian pembelajaran tentang tanggung jawab pada anak.

Ayah bunda, ketika anak mengucapkan maaf dan belajar bertanggung jawab, kita juga harus memotivasinya dan memberi dukungan bahwa apa yang dilakukan anak sudah benar dan perlu diulangi di lain kesempatan. Jangan lupa kita berikan anak penghargaan berupa pujian untuk anak. Yuk kita didik anak untuk meminta maaf jika salah sejak anak usia dini. (Ern)