176 Views

Keuntungan Mempunyai Minat Baca Tinggi

Salah satu hal yang menjadi tolok ukur kemajuan serta peradaban suatu bangsa adalah budaya membaca yang telah mengakar pada masyarakatnya. Sayangnya berdasarkan survey yang sudah pernah diadakan, UNESCO mencatat bahwa tanah air kita masyarakatnya tergolong mempunyai Minat baca yang rendah.

Dari 1000 orang penduduk Indonesia, ternyata hanya satu orang yang menjadikan kegiatan membaca sebagai kebiasaan atau hobi. Hal ini tentu memprihatinkan sekali karena sesungguhnya banyak manfaat yang bisa kita petik dari kebiasaan ini. Inilah beberapa manfaat yang bisa diambil dari hobi membaca atau menjadikan kegiatan ini sebagai kebiasaan.

Anak dengan Minat Baca Tinggi
Anak dengan Minat Baca Tinggi

1. Wawasan luas

Buku adalah gudang ilmu dan buku juga merupakan sarana pendidikan yang paling ampuh. Cobalah sesekali kunjungi perpustakaan atau toko buku, Anda pasti akan menemukan ratusan atau bahkan ribuan jenis buku dengan berbagai tema. Anda bisa mendapatkan beragam informasi dari buku-buku ini dan rajin membaca berbagai jenis buku akan membuat pengetahuan kita bertambah serta wawasan kita juga menjadi lebih luas.

Dengan buku kita bisa mengetahui daerah wisata yang terletak di negara Eropa walaupun kita sendiri belum pernah mengunjunginya. Jadi tak salah bila buku dikatakan sebagai jendela dunia.

2. Bijaksana

Dalam hidup ini kita tentu tak lepas dari masalah dan untuk memecahkan masalah tersebut tentu diperlukan ilmu dan kecerdasan. Satu-satunya cara untuk membuat kita menjadi lebih cerdas adalah dengan belajar atau membaca sehingga wawasan kita menjadi bertambah.

Dengan demikian sudut pandang kita akan menjadi lebih luas dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Keuntungan yang kita peroleh tentu kita akan lebih bijaksana dalam menciptakan solusi untuk berbagai permasalahan hidup.

3. Menjadi Lebih Cerdas

Memiliki Minat baca yang tinggi tentu akan membuat yang bersangkutan menjadi lebih cerdas serta mempunyai sudut pandang yang lebih luas akan berbagai macam hal. Dengan demikian suatu peristiwa tak akan membuat Anda mudah terprovokasi misalnya oleh orang yang ingin mengambil keuntungan atau merugikan Anda.

Tentu Anda sadar bukan bahwa tak semua orang yang kita temui dalam hidup ini semua adalah orang baik. Menjadi lebih cerdas adalah salah satu antisipasi dari kejahatan orang lain.

4. Membuat Buah Hati Lebih Cerdas

Siapapun orangtua yang menyayangi buah hatinya tentu ingin agar kehidupan putra-putri mereka kelak lebih baik daripada dirinya, lebih pintar, lebih berpendidikan, dan seterusnya. Bila sebagai orangtua Anda telah mengupayakan semaksimal mungkin untuk menjadi orangtua yang  bijaksana serta berwawasan luas tentu potensi putra-putri Anda untuk menjadi lebih baik akan semakin besar.

Hal ini karena Anda telah membekali diri dengan ilmu parenting yang tepat sehingga dapat mendidik putra-putri Anda secara maksimal. Orangtua yang menjadikan membaca sebagai kebiasaan di rumah secara otomatis akan diikuti oleh putra-putrinya sehingga mereka pun akan gemar membaca.

5. Berkontribusi Terhadap Kemajuan Bangsa

Bila kita ingin berpartisipasi terhadap kemajuan negara, Anda bisa memulai dari diri sendiri dengan meningkatkan Minat baca. Membaca akan meningkatkan kualitas diri dan bila dilakukan secara bersama-sama tentu akan meningkatkan sumber daya manusia.

Inilah salah satu faktor yang membuat sebuah negara dikatakan sebagai negara maju, berkebudayaan, dan berperadaban tinggi. Dari orang tua yang cerdas tentu akan lahir generasi muda yang juga cerdas dan sanggup bekerja keras untuk memajukan negara ini.

Dari uraian di atas tentu kita sudah memahami manfaat Minat baca dan mengapa penting sekali untuk menanamkan budaya membaca. Jadi mari kita mulai dari diri sendiri dan orang-orang tercinta. (PK/Ern)