90 Views

Langkah Sederhana Memulai Membaca Buku

Memulai Membaca Buku
[kompasiana.com]
Berapa banyak orang yang suka membaca di Indonesia? Pasti ada, namun minat baca mereka sering tertutupi oleh acara-acara televisi yang kurang bermutu sehingga orang yang suka membaca tidak terlalu kelihatan pamornya. Jika kita masih ingin memiliki kesadaran untuk memulai kebiasaan membaca yang jauh lebih positif, maka cara-cara sederhana dibawah ini mungkin bisa membantu.

Kemampuan membaca orang yang sudah terbiasa membaca sejak kecil tentu berbeda dengan yang baru mempunyai minat membaca saat memasuki usia remaja atau dewasa. Oleh karenanya, usaha kita harus lebih keras supaya kita memiliki kemampuan membaca yang baik. Banyak artikel di internet yang membahas tentang cara membaca yang efektif yaitu cara membaca yang lebih baik, lebih cepat, lebih konsentrasi, dan lebih paham.

Cara menumbuhkan minat membaca untuk orang dewasa berbeda dengan anak-anak, oleh karenanya dibutuhkan cara membaca yang efektif.   Apa itu cara membaca efektif?  Yaitu sebuah cara untuk membaca dalam waktu sesingkat mungkin dengan tingkat pemahaman yang baik.  Intinya yaitu pemanfaatan waktu untuk membaca. Misalnya daripada kita memainkan ponsel, cobalah untuk mengganti kegiatan tersebut dengan memulai membaca buku secara rutin sebelum tidur. Selain lebih positif, kita juga dapat membiasakan untuk membaca setiap harinya tanpa harus terbebani membaca di kala sibuk bekerja.

Setelah terbiasa, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat target membaca. Buatlah daftar membaca yang harus diselesaikan setiap minggu atau setiap bulannya. Apabila kita menginginkan minat baca yang muncul dengan sendirinya, usahakan untuk membuat rangkuman dari setiap buku yang sudah dibaca sebelumnya sehingga kita juga tidak asal membaca namun mendapat manfaat dari apa yang dibaca. (Ern)