46 Views

Mahir Bermain Catur di Usia Muda

z1

Catur adalah permainan pikiran yang dilakukan oleh dua orang. Bermain catur juga identik dengan kata serius dan sangat jauh dari dunia anak.  Namun, fakta berbicara lain saat Zhellica (8) sangat mahir bermain catur.  Bahkan di usianya yang masih sangat muda ia sudah memenangkan kejuaraan catur tingkat daerah bahkan nasional.  Siapakah sebenarnya Zhellica, sang master catur cilik ini? Ternyata ia adalah salah satu alumni biMBA yang bergabung sejak usia 2 tahun dan lulus di usia 4 tahun.  Selepas dari biMBA, Zhellica memiliki Minat yang tinggi untuk mempelajari hal-hal baru. Salah satunya adalah catur.

Ketertarikannya dengan dunia catur diawali ketika orangtua Zhellica mengajaknya mengantar kakaknya sekolah catur atau lomba catur, bukan hanya itu sejak usia 4 tahun ia sudah bisa menyusun catur sendiri, di waktu senggang juga sering bermain catur bersama kakak atau ayahnya di rumah.

“Awalnya tidak sengaja karena Zhellica selalu ikut antar kakaknya sekolah catur. Ketika kakaknya cuti malah dia yang minta sekolah catur padahal usianya baru 4 tahun, tapi karena dia sudah bisa calistung akhirnya saya daftarkan dan berlanjut sampai sekarang.” Tutur Ibu Nirmawaty selaku ibunda Zhellica.

Zhellica sekolah catur di SCUA (Sekolah Catur Utut Adianto) di Bekasi, awalnya ia masuk kelas playgroup sekarang sudah prajunior A. Kini Zhellica sudah duduk di kelas 2 SD. Bukan hanya berprestasi di dunia catur saja, ia juga berprestasi di sekolahnya, ia masuk dalam 10 besar di sekolah.

Apakah biMBA memiliki pengaruh terhadap Minat belajar anak?
Menurut penuturan ibu Nirmawaty, “ biMBA memiliki pengaruh untuk Zhellica. Di usia dini dia sudah bisa calistung, jadi ketika saya masukin ke sekolah catur tidak ada hambatan. Belajar catur harus bisa membaca abjad dengan benar dan menghitung kotak-kotak yang ada di papan dengan benar.”

Pada usia 7 tahun Zhellica mengikuti kejuaraan catur DKI dan memperoleh juara 2, setiap tahun ia selalu menjadi juara catur sekaligus menjadi guru catur untuk teman-temannya. Terakhir pada tanggal 14 Februari kemarin Zhellica mengikuti kejuaraan catur nasional dan memperoleh juara ketiga. (Ern/Nikk)

Minat Bermain Catur Sejak Kecil
Minat Bermain Catur Sejak Kecil
Saat Bertanding Catur
Saat Bertanding Catur
Saat Menjadi Juara Catur
Saat Menjadi Juara Catur

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache