305 Views

Manakah yang lebih penting? Minat atau Bakat?

Minat dan bakat adalah suatu hal yang berbeda. Minat adalah keinginan yang tumbuh dalam diri sendiri sementara bakat adalah kemampuan dasar seseorang dalam belajar namun lebih cepat dibandingkan yang lain. Nah manakah yang lebih penting? Minat atau Bakat?

Minat atau Bakat?

Ayah bunda bakat seorang anak memang penting, tetapi bakat tanpa didukung oleh Minat akan mati di tengah jalan sebelum berkembang. Apabila kita melihat anak berbakat dibidang tertentu tapi tidak memiliki Minat, alangkah baiknya kita tidak memaksa anak yang perlu kita lakukan adakah menumbuhkan Minatnya terlebih dahulu.

Sebaliknya Minat tanpa bakat masih memiliki harapan, karena dari minat itulah anak tergerak untuk terus menekuni suatu keterampilan hingga apa yang menjadi keinginannya dapat tercapai. Meskipun minim bakat namun anak memiliki minat yang tinggi mereka bisa mencapai prestasi hanya saja anak harus lebih bekerja keras untuk mewujudkan keinginannya.

Apabila anak menunjukkan minat yang tinggi tapi tidak didukung oleh bakat, itu bukanlah suatu masalah. Ayah bunda kita harus berikan pengertian bahwa ia harus bekerja lebih keras supaya bisa berhasil seperti anak yang memiliki bakat. Bakat yang didukung oleh minat disertai pula dengan kerja keras, maka hasilnya akan memuaskan.

Nah, jadi apabila kita sudah paham mengenai perbedaan bakat dan minat. Yuk mulai sekarang kita tumbuhkan Minat anak agar mereka terus belajar dan belajar untuk meraih mimpinya. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)