152 Views

Manfaat Membaca Bagi Anak

Tahukah Ayah bunda mengapa biMBA bertujuan untuk meningkatkan Minat Baca anak? karena dengan membaca anak mendapat manfaat yang besar untuk kehidupan yang akan dijalaninya. Nah kalau manfaat membaca untuk anak apa saja ya?

membaca
1. Menambah kosakata
Dengan membaca anak akan terbiasa mendengar berbagai kosakata baru sehingga memperkaya mereka dalam memahami berbagai kata di sekitar mereka. Semakin bertambahnya kosakata akan membuat otak anak lebih berkembang sebab anak dirangsang untuk memperkaya bahasa mereka.
2. Meningkatkan keterampilan berkomunikasi
Anak lebih percaya diri dalam bertutur kaya, susunan dari perkataan anak secara perlahan akan mempengaruhi cara mereka berkomunikasi. Maka dari itu ketika Ayah bunda membacakan cerita untuk anak sebaiknya dengan volume yang bisa didengar dengan baik oleh anak.
3. Melatih kemampuan berpikir anak
Saat kita membacakan cerita untuk anak, mereka akan belajar memahami hukum sebab akibat, belajar logika, belajar mengenai konsekuensi dari sebuah tindakan, serta dasar-dasar antara benar atau salah.
4. Mengembangkan imajinasi
Segala informasi yang didapatkan anak dari membaca dapat membantu mengembangkan sisi kreatifitas otak anak. Mereka akan terpancing untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Oleh karena itu anak dapat membuat inovasi melalui daya imajinasinya.

Tips Agar Anak Suka Membaca
Mengapa anak lebih menyukai kegiatan bermain daripada membaca? karena bermain lebih menyenangkan dibanding membaca yang membosankan. Padahal membaca adalah jendela dunia yang akan membuat anak menjadi manusia yang berkualitas. Nah bagaimana ya caranya agar anak menyukai kegiatan membaca? Yuk kita baca tips di bawah ini:
a. Membiasakan membaca bersama anak setiap hari
Kita berikan pemahaman kepada anak bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan, jadi janganlah kita memaksanya untuk membaca ketika anak sedang lelah, carilah waktu yang tepat untuk membaca bersama, misalnya ketika malam hari sebelum tidur.

Awali dengan membacakan cerita untuk anak dan biarkan anak memiliki inisiatif untuk mulai membaca. Selesai membaca bersama, tanyakan pada anak pendapatnya terhadap buku yang dibaca anak, dengan itu kita bisa tahu apakah anak memahami isi buku yang dibaca atau tidak.

b. Berikan buku yang menarik perhatian
Agar anak dapat menikmati bacaannya carilah buku yang memiliki gambar-gambar agar bisa menarik perhatian anak dan membangkitkan rasa ingin tahu yang lebih banyak terhadap bacaannya. Bukan hanya gambar namun carilah tema yang menarik, apabila dari cover bukunya saja tidak menarik tentu anak tidak mau membacanya.

Berikan buku cerita yang sederhana dan lucu untuk anak. Bila anak suka boneka maka berikan buku yang memiliki gambar boneka di dalamnya, begitupula dengan kesukaan anak yang lainnya kita bisa sesuaikan buku cerita tersebut dengan kesukaan anak. (Ern)