227 Views

Manfaat Membaca Bagi Anak

Membaca akan memberikan dampak yang positif dan sangat berguna bagi kehidupan seorang anak kelak. Melatih anak untuk selalu membaca bukan hanya dapat dilakukan ketika anak sudah bisa membaca, namun sejak anak belum bisa membaca.

Manfaat Membaca Bagi Anak

Hal ini dapat dilakukan dengan cara rajin membacakan cerita kepada anak-anak kita serta dengan memberikan contoh rajin membaca setiap harinya. Selain anak mempunyai Minat baca yang baik, terdapat pula beberapa manfaat membaca yang lain.

  1. Melatih Konsentrasi Anak

Seperti yang kita tahu, membaca membutuhkan waktu yang mungkin tidak sebentar serta membutuhkan perhatian yang cukup lama. Hal ini lah yang dapat melatih konsentrasi seorang anak di mana mereka harus tetap dalam posisi tenang selama beberapa saat. Misalnya saja saat mereka sedang mendengarkan dan menerima sebuah informasi sehingga semuanya dapat diterima dengan baik.

Jika kita sebagai orangtua sudah terbiasa melatih konsentrasi anak sejak dini, maka ia akan lebih mudah untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan hasil yang sangat baik tentunya.

  1. Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas Anak

Manfaat membaca bagi anak yang selanjutnya adalah dapat mengembangkan imajinasi dan melatih kreativitas sang anak. Jika anak banyak membaca atau mendengar keanekaragaman kehidupan maka pikirannya akan terbuka.

Informasi yang mereka terima inilah yang mampu untuk mengembangkan sisi kreativitas di otak karena biasanya anak akan memiliki rasa ingin tahu yang lebih. Hal ini dapat meningkatkan sisi imajinasi mereka sehingga mereka akan sering melakukan inovasi yang bermanfaat.

  1. Membuka Cakrawala

Minat baca yang baik dapat membuka cakrawala karena membaca adalah jendela dunia. Anak akan mendapatkan banyak informasi dengan banyak membaca. Hal ini berarti anak akan membuka cakrawala pengetahuan dengan lebih luas lagi. Anak yang sejak dini dibiasakan membaca akan menjadi lebih percaya diri karena mereka merasa memiliki informasi yang banyak sehingga akan lebih siap dalam menghadapi kehidupan nyata.

Sebagai orangtua kita harus selalu mendampingi anak setiap anak membaca. Pastikanlah bahwa anak membaca buku yang tepat serta mengetahui pembelajaran yang benar yang didapatkan dari buku bacaan tersebut. Setiap cerita yang kita bacakan sebagai orangtua, akan menambah dan memperkaya informasi anak di berbagai hal di kehidupan yang nyata.

Mungkin saat ini anak belum mengalami apa yang kita ceritakan dari buku cerita, namun mungkin saja suatu saat nanti anak akan mengalaminya. Nah, ketika mereka mengalaminya, maka mereka pun sudah memiliki gambaran pikiran sesuai yang pernah kita ceritakan dan yang lebih penting lagi, mereka sudah mengetahui solusi yang tepat. Hal ini lah yang membuat mereka secara mental sudah lebih siap menghadapi kehidupan nyata yang sesungguhnya.

Itulah beberapa manfaat membaca.   Hal ini semakin menegaskan bahwa mengajarkan anak memiliki Minat baca sejak dini adalah penting dan sangat bermanfaat. Oleh karena itulah, meskipun terkadang kita sibuk dengan kegiatan sehari hari, meluangkan waktu dengan anak untuk sekedar membacakan cerita atau menemaninya membaca adalah hal yang sangat berguna dan akan selalu diingat oleh anak. (JPA/Ern)