569 Views

Manfaat Membaca dan Menulis Sejak Dini

Manfaat Membaca dan Menulis Sejak Dini
Manfaat Membaca dan Menulis Sejak Dini

Ayah bunda, di masa kini kemampuan membaca dan menulis sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan anak di bidang akademik. Kita harus mampu memutar otak agar anak bisa membaca dan menulis tanpa harus membuat anak merasa tertekan dan stres, ada baiknya kita mulai mengenalkan hal tersebut sebelum anak masuk sekolah, biarkan anak siap secara mental menghadapi pelajaran.

Maka dari itu sangat penting bila kita mulai menanamkan Minat baca dan tulis saat ini juga dengan cara yang menyenangkan. Selain untuk menunjang kegiatan akademik membaca dan menulis juga memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membaca dapat mengembangkan otak anak sehingga mampu memahami sesuatu dengan cepat selama enam tahun pertama, biasanya disebut masa golden age. Saat anak diajarkan membaca, koneksi yang ada pada sel otak akan menjadi kuat dan dapat menciptakan koneksi-koneksi baru, sehingga proses belajar memiliki pengaruh yang sangat besar pada keseluruhan fungsi dan perkembangan otak.

2. Membaca merupakan kunci kesuksesan akademik ketika si kecil belajar membaca di umur yang sangat muda, maka ia akan memiliki pengetahuan umum yang lebih banyak, memperbanyak kosakata, meningkatkan kemampuan menulis dan berkomunikasi verbal.

3. Menulis dengan tangan mampu membentuk koneksi di dalam otak anak, selain itu di zaman serba teknologi ini kebanyakan orang tidak lagi menulis dengan tangan, tetapi diketik menggunakan komputer. Maka itu menulis dapat melatih motorik halus anak, sehingga otot anak tetap terlatih dalam melakukan kegiatan lainnya.

4. Anak yang belajar menulis sejak dini akan mengenali huruf lebih cepat dan memudahkan belajar membaca dan mengeja. Hasil riset menyebutkan bahwa dengan menulis anak akan lebih mudah menggeneralisasikan ide-ide saat mengarang.

5. Segala hal yang ditulis oleh anak akan tersimpan dengan baik di memori anak dibandingkan dengan mengetiknya, karena pada saat menulis pengolahan diri yang aktif dapat membuat pemahaman jauh lebih dalam daripada mengetik. (ern)