241 Views

Manfaat Mewarnai untuk Anak Usia Dini

Mewarnai dapat merangsang motorik halus pada anak usia dini
Mewarnai dapat merangsang motorik halus pada anak usia dini

Adakah manfaat mewarnai untuk anak usia dini?

Ayah bunda, anak pada usia dini tidak selalu harus menerima permainan yang berbentuk fisik, seperti mobil-mobilan, atau boneka-bonekaan yang lebih banyak menggunakan aktifitas fisik motorik kasar anak. Mainan berbentuk buku juga merupakan salah satu bentuk permainan yang dapat mengedukasi dan bisa dimanfaatkan untuk melatih kemampuan motorik halus, serta kecerdasan kognitif anak.

Seperti halnya kegiatan mewarnai gambar, kita bisa mengisi keseharian anak dengan mewarnai, banyak sekali manfaat mewarnai diantaranya:

1. Pengenalan warna

Mewarnai gambar melibatkan pensil warna ataupun crayon, sehingga anak bisa belajar mengenai macam-macam warna, termasuk diantaranya nama atau jenis warna seperti merah, kuning, biru dan sebagainya.

2. Indera penglihatan

Mewarnai gambar juga merupakan salah satu bentuk stimulasi merangsang indera penglihatan buah hati kita yang masih berkembang, sehingga bisa mengetahui jika seandainya terdapat gangguan penglihatan pada anak seperti buta warna.

3. Motorik halus

Mewarnai juga bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik halus. Beri pengarahan pada anak agar tidak mewarnai gambar hingga melewati garis batas pewarnaan.

4. Memecahkan masalah

Apabila terdapat salah satu bentuk objek gambar yang tidak dikenal, biasanya anak akan bertanya mengenai nama objek yang bersangkutan. Bertanya untuk mendapatkan jawaban merupakan salah satu metode memecahkan masalah.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat mainan mewarnai gambar untuk anak. Secara umum, agar proses pertumbuhan dan perkembangan anak makin optimal, pemberian stimulasi oleh orang terdekat dalam setiap kesempatan harus dibiasakan dan dilakukan lewat aktifitas yang menyenangkan seperti bermain. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)