197 Views

Manfaat Perpustakaan

perpustakaan

Seperti apa  manfaat perpustakaan?

Perpustakaan!  Sejak dulu bila saya mendengar kata “perpustakaan” yang ada di benak saya adalah suatu tempat yang membosankan dan tidak menarik. Melihat deretan dan tumpukan buku-buku justru seringkali membuat pusing kepala. Apalagi bila melihat perpustakaan-perpustakaan yang ada di sekolah saya dulu. Letaknya di pojok, atmosfernya suram, bahkan ketika baru masuk ruangan saja hirupan udaranya sudah terasa penuh debu. Enggan rasanya bila harus mencari buku apalagi untuk duduk berlama-lama di sana.

Sekolah saya dulu, kemudian menjadi sekolah anak saya. Ironisnya, ketika saya melihat perpustakaan di sekolah tersebut, ternyata kondisnya tidak terlalu banyak berubah ketika 26 tahun yang lalu saat saya masih sekolah disana. Spontan terlintas dalam benak saya “bagaimana mungkin murid-murid akan tertarik untuk berlama-lamaan duduk di sana sambil menikmati membaca buku?, mungkin untuk berkunjung saja juga enggan rasanya. It’s not a cozy place!.

Perpustakaan, padahal salah satu tempat dimana kita bisa mengintip ‘otaknya’ para orang hebat. Kita bisa mendapatkan banyak informasi, melihat jendela dunia, membuka cakrawala dan menambah wawasan tentang berbagai hal. Sayang sekali rasanya, bila melihat fungsi perpustakaan yang begitu bermanfaat bagi kita namun belum dioptimalkan keberadaannya.

Page 1 of 3 1 2 3