43 Views

Melatih Anak Mandiri Sejak Dini

Mendidik anak untuk mandiri sejak usia dini perlu dilakukan setiap orang dewasa, perkembangan anak pada masa balita sangat dipengaruhi perilakunya kelak. Ayah bunda, tahukah bahwa sejak kecil anak sudah diajarkan mandiri. Contohnya saat anak berusia tiga sampai empat bulan, anak akan berlatih tengkurap dan kita tidak membantunya secara langsung tetapi selalu menyemangati anak.

anak mandiri

Selain itu kemandirian anak dapat dilakukan ketika anak sedang makan, meskipun berantakan sebaiknya anak dilatih untuk makan sendiri. Orang tua yang bijaksana akan memberikan kebebasan dengan menyertakan tanggungjawab kepada anaksehingga akan menimbulkan motivasi dan dukungan yang positif.

Ayah bunda, pada usia 0-6 tahun anak mengalami perkembangan paling pesar, perkembangan otak ini akan optimal apabila dibantu dengan stimulasi yang benar. Beberapa orangtua banyak memasukkan anak ke sebuah kelompok bermain karena pendidikan pra sekolah penting bagi kemandirian anak untuk memberikan fondasi untuk jenjang pendidikan selanjutnya.

Program pra sekolah juga harus terarah dan disesuaikan dengan usia anak, pada usia dini anak bisa mengoptimalkan perkembangan intelektual, perkembangan fisik, bahasa, serta emosionalnya, namun tingkat perkembangan masing-masing anak berbeda. Maka dari itu berikanlah stimulasi yang seimbang kepada anak dengan kegiatan bermain yang bersifat mendidik dan komunikatif, tentu saja dengan kasih sayang anak akan merasa senang dan betah selama mengikuti kegiatan belajar.

Mendidik anak untuk mandiri sejak usia dini akan efektif apabila didukung oleh kemampuan dan pengetahuan yang baik. Yuk kita terapkan pada anak. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)