17 Views

Memahami Kesukaan Anak

Ayah bunda, sebagai orang dewasa kita memiliki tanggung jawab untuk mendukung anak, namun terkadang kita ingin anak menyukai apa yang kita sukai. Misalnya dalam hal karier, orangtua menginginkan anak mengejar karier tertentu tetapi pada kenyataannya anak benci dengan pekerjaan tersebut. Hidup mereka justru menjadi sengsara karena berada di bawah tekanan orangtua.

Memahami Kesukaan Anak

Tentunya kita memiliki alasan ketika anak harus mengikuti keinginan orangtua, alasannya karena untuk kebaikan dari anak itu sendiri, padahal itu justru bertentangan dengan karakter yang dimiliki anak sehingga mengakibatkan jatuhnya semangat belajar anak dan dapat mematikan potensi mereka. Berbahaya bukan?

Pahamilah anak lewat hal yang disukainya, apa yang membuat anak tergerak melakukan suatu hal? Kita harus mendukung keputusan mereka sebaik mungkin dan mengawasinya, serta memberikan motivasi pada anak. Kita juga harus memberikan kepercayaan anak dalam menggapai mimpinya dan membiarkan anak mengejar hal-hal yang paling mereka inginkan.

Selain itu kita juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan anak, sediakan waktu dan lalukan hal yang disukai anak, bisa memasak, melukis, bernyanyi, dan sebagainya. Momen seperti ini akan menyenangkan anak, mereka akan berterimakasih karena dapat berbagi pengalaman dengan orangtua. Dari kerjasama tersebut hubungan antara anak dan orangtua juga akan semakin baik.

Ayah bunda, yuk kita dukung kesukaan anak dan terus berikan motivasi kepada mereka agar potensi anak semakin meningkat. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)

Tinggalkan Balasan