26 Views

Membaca Menguatkan Komunikasi Anak

Membaca

Tahukan Ayah bunda membangun sebuah komunikasi adalah hal yang penting, kedekataan orangtua dan anak akan dapat membuat kita lebih mudah untuk mengarahkan anak kepada hal yang baik. Maka dari itu sebaiknya sejak anak masih kecil bangunlah komunikasi yang kuat.

Bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk dapat membangun komunikasi yang kuat dengan anak? Salah satu caranya adalah dengan meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan membaca bersama anak. Kegiatan ini sangat efektif untuk mendekatkan dan memperkuat komunikasi antara orangtua dengan anak.

Sebaiknya sejak anak masih kecil, sisihkanlah waktu kita disela-sela kesibukan untuk melakukan kegiatan membaca bersama-sama dengan anak, karena kegiatan ini akan membantu kita dalam mengajari dan mendidik anak berbagai hal, akan lebih efektif lagi jika buku bacaan yang kita baca bersama dengan anak merupakan buku cerita yang tepat untuk anak.

Ketika anak masih berusia dini atau masa golden age, maka buku cerita bergambar adalah yang paling efektif untuk kita pilih untuk melakukan kegiatan membaca dengan anak.

Banyak Tahu dengan Membaca

Di zaman sekarang ini semua orang dituntut untuk lebih dapat kreatif dan peka terhadap informasi.  Tahukah Ayah bunda manfaat memiliki Minat baca sebenarnya amatlah besar, sayangnya masih banyak orang-orang yang merasa malas untuk melakukan kegiatan membaca karena berbagai macam alasan. Padahal jika kita lihat kembali, dengan Minat baca bisa membimbing kita menjadi orang sukses yang siap menghadapi masa depan.

Ketika kita banyak membaca maka anak juga akan lebih banyak tahu dan ketika sudah lebih banyak tahu maka mereka akan semakin mudah bergaul. Mengapa demikian? Karena dengan banyak memiliki wawasan, anak akan lebih mudah berbaur dengan siapa saja, dan memiliki bahan pembicaraan yang banyak dengan teman-teman sekitarnya.

Anak menjadi lebih mudah berkembang karena wawasan tersebut membuat anak makin kreatif dan makin mudah dalam memecahkan berbagai macam masalah. Maka dari itulah dikatakan bahwa manfaat Minat baca itu memiliki dampak yang besar dalam kehidupan sehari-hari. (Ern)