15 Views

Membajak Sawah, Seru Banget!

Membajak Sawah

Pernahkah teman-teman naik kerbau ? Ternyata asyik loh. Teman-teman tidak usah takut, karena kerbau termasuk binatang yang jinak. Bahkan kerbau sering membantu pekerjaan manusia, terutama pak tani. Salah satunya adalah membantu pak tani membajak sawah. Bulan Februari lalu, murid-murid biMBA-AIUEO Unit Taruna Jaya berkesempatan naik bajak sawah yang ditarik seekor kerbau. Wah seru banget!

Semua anak begitu riang dan antusias mengikuti kegiatan tersebut. Begitulah suasana belajar di luar kelas yang berlangsung di Taman Wisata Matahari Bogor, Jawa Barat. Tak hanya murid, ibu guru biMBA pun tidak ketinggalan ikut naik alat untuk membajak sawah yang dalam bahasa Sunda disebut luku. Selain membajak sawah, murid-murid biMBA juga belajar memandikan kerbau, menumbuk padi (gabah) hingga memprosesnya menjadi beras dengan peralatan tradisional.

Hujan yang mengguyur bukannya menyurutkan semangat peserta selama mengikuti kegiatan tersebut. Namun justru membuat acara semakin seru. Begitu pula ketika mereka belajar menanam padi. “Sengaja kegiatan ini kami laksanakan, agar anak-anak biMBA mengetahui dan mencintai negeri di mana mereka dilahirkan sebagai negeri agraris,” ujar Kepala Unit biMBA-AlUEO Taruna Jaya, Tuti Rahmawati.

Mitra Unit Taruna Jaya, Talim Susanto, mitra unit Taruna Jaya dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk mempererat silaturahim antara masing-masing orangtua/wali murid dan juga antara orangtua/wali murid dengan motivator, kepala unit maupun staf dari kantor pusat. Sebab jadwal masuk yang tidak sama di biMBA, menyebabkan mereka tidak bisa saling bertemu setiap hari.

Sementara itu Kepala Divisi Humas, Wiwi Yunianto menyampaikan bahwa biMBA-AlUEO secara langsung dan tidak langsung sebenarnya mempersiapkan generasi penerus yang akan menggantikan generasi pendahulunya. Sehingga tidak mustahil anak-anak biMBA saat ini adalah pempimpin negeri di masa depan. Acara diakhiri dengan menangkap ikan di kolam. Melihat keriangan anak-anak, banyak orangtua yang akhirnya ikut mencebur ke kolam berbaur dengan anak-anak menangkap ikan. (Wy/Aks)

Berbaris dulu
Berjalan dalam air
Foto Bersama

Tinggalkan Balasan