11 Views

Membangkitkan dan Memupuk Minat Baca Anak

Majalah adalah Media untuk Meningkatkan Minat Baca Anak

Bagaimana cara membangkitkan dan memupuk minat baca anak?

Salah satu cara untuk membangkitkan minat baca anak  adalah dengan meluangkan waktu 30 menit saja setiap hari untuk membacakan buku pada putra-putri anda. Manfaatnya sangat luar biasa, yaitu merangsang anak untuk memperkaya kosa-kata dan daya imajinasi anak, sehingga dapat memupuk anak agar cinta buku.   Selain  itu juga dapat menciptakan ikatan emosi yang kuat antara anak dan orangtua.

Kebiasaan ini bisa dimulai sejak anak masih bayi. Para ilmuwan berpendapat, 3 tahun pertama anak adalah masa genting untuk menanamkan kemampuan berbahasa. Para pakar itu juga mengemukakan, bayi berusia 8 bulan sudah dapat mengenali  dan mengingat bunyi beberapa kata yang sulit.

Anak yang usia satu tahun  ke atas senang jika dibacakan cerita yang sama secara berulang-ulang. Pengulangan cerita adalah hal yang penting buat anak, meski membosankan buat anda.  Cara membacakan ceritanya bisa dengan cara menyanyi dan sentuhan sayang.

Pada prinsipnya membangkitkan minat baca harus dimulai dari orangtuanya, karena faktor kebiasaan orangtua lah yang sering ditiru oleh anak. Kalau orangtuanya sering membaca buku minimal surat kabar otomatis aktivitas itu akan ditiru anak.  Apalagi di rumah disediakan sebuah perpustakaan atau ruang baca yang nyaman dengan koleksi buku yang banyak.

 

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache