26 Views

Membangun Rasa Percaya Diri pada Anak

Anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang pemberani ada pula yang pemalu, ada juga anak yang memiliki rasa takut dan kepercayaan diri yang rendah. Ayah bunda kita harus memahami apa kelebihan dan kekurangan yang ada pada anak, cobalah untuk tidak memikirkan kekurangan dan fokus pada kelebihan yang dimiliki anak.

percaya diri

Buah hati kita tidak hanya mendapat citra dari apa yang dipikirkan tentang dirinya sendiri, tetapi mereka juga akan memandang dirinya dari sudut pandang orang lain, apalagi anak pra sekolah, anak mungkin dapat mengartikan bahwa kita tidak menyukainya di saat ekspresi wajah kita gelisah sepanjang waktu, oleh karena itu kita coba untuk tidak menunjukkan ekspresi yang buruk di hadapan anak.

Semarah apapun kita pada anak jangan sampai menyakiti perasaannya dengan kata-kata yang kasar sehingga membuat anak minder. Agar anak lebih percaya diri jika mereka diberikan dukungan dan perhatian dari orangtua. kita juga harus membagi anak waktu untuk mengajak bermain, memberikan anak pujian ketika melakukan hal yang benar.

Hal yang paling penting adalah mencari tahu Minat anak dan dukung anak mengembangkan Minatnya, selain itu kita juga harus mendidik anak mengenai kegagalan agar anak tidak terlalu kecewa dan minder.

Ayah bunda selain mendukungnya kita juga harus menghargai prestasi anak, misalnya dengan memasang hasil karya anak di rumah, ini akan membuat anak bangga akan prestasinya dan menjadi semakin percaya diri. (Ern)