12 Views

Memilih Bacaan untuk Mengembangkan Minat Baca Anak

bacaan

Memilih bacaan untuk mengembangkan Minat baca anak perlu diketahui oleh para orangtua. Apakah kita akan memaksakan anak-anak untuk belajar buku pelajaran seharian dengan alasan sebentar lagi akan ujian? Ini bukan lah hal yang baik. Hal seperti ini memang dalam jangka pendek akan menghasilkan nilai yang diinginkan orangtua, namun dalam jangka panjang anak-anak justru merasa bahwa membaca adalah beban yang menyulitkan.

Jadi budaya baca itu harus dibudayakan sedemikian rupa dengan cara-cara yang halus sehingga tidak menyebabkan tekanan mental bagi anak-anak. Bagaimana caranya? Pertama orangtua harus menunjukkan hal-hal menarik yang bisa dibaca anak-anak. Jiwa anak-anak tentu suka dengan cerita dan gambar, maka pilihkan lebih dulu buku-buku yang menarik bagi anak-anak.

Ajarkan mereka bagaimana memahami buku, kita bisa mencontohkannya dengan menceritakannya. Setelah itu anak-anak biasanya akan penasaran dengan buku-buku lain yang mengandung cerita.

Nah, bagaimana dengan buku pelajaran? Jika anak-anak sulit memahaminya sendiri, maka peran orangtualah yang menjelaskannya. Jika berisi cerita maka kita bisa menjelaskannya dengan mudah, namun jika hanya berisi narasi-narasi ilmu biasa, kita yang harus menjelaskannya dengan bahasa-bahasa yang sederhana.

Kenapa anak-anak kurang tertarik dengan buku pelajaran, salah satu sebabnya karena dikemas dengan bahasa-bahasa serius yang sulit membuat emosi anak-anak terlibat. Jadi orangtua yang harus menanamkan dan membantu anak agar tidak menjadikan hal tersebut beban yaitu dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. (Ern)