29 Views

Mempererat Hubungan Emosional Ayah dan Anak

Ayah bunda, seringkali kedekatan seorang ayah lebih sedikit dibandingkan kedekatan ibu kepada anaknya. Mungkin karena seorang ayah lebih banyak menghabiskan waktunya dengan pekerjaan dan kariernya, itulah yang menyebabkan ikatan terhadap anaknya melemah.

ayah

Tahukah bahwa kehadiran seorang ayah juga berperan penting. Seorang anak terkadang mengeluhkan Ayahnya yang meskipun secara fisik mereka dekat namun kenyataannya pikiran dan hati ayahnya tidak bersama mereka. Tetapi jangan khawatir, sebagai Ayah kita juga bisa mempererat hubungan dengan anak melalui beberapa cara, apa saja caranya?

Pertama buatlah jadwal waktu luang dengan buah hati kita, misalnya disaat hari libur. Masukkan ke dalam agenda harian kita. Pastikan di hari itu anak adalah prioritas kita.

Kedua, matikan telepon genggam dan internet saat sedang menghabiskan waktu bersama anak. Sebagai Ayah yang hanya memiliki sedikit waktu bersama anak juga harus memberikan perhatian sepenuhnya kepada anak, momen bersama anak adalah hal yang paling membahagiakan.

Ketiga, dengarkan setiap ucapannya, keinginannya meskipun sekadar hal kecil. Selain itu juga ayah jangan malu untuk menunjukkan perasaan kepada anak, seperti ungkapan sayang yang diiringi pelukan hangat untuk buah hati kita karena hal tersebut sangat bermakna untuk anak.

Jadi, bukan hanya seorang ibu saja yang bisa dekat dengan anak, ternyata seorang ayah ditengah kesibukannya juga bisa dekat secara emosional dengan anak? Yuk kita terapkan cara pendekatan kepada anak. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)