57 Views

Menangani Anak Hiperaktif

Hari-hari bersama anak adalah hari yang paling membahagiakan, dunia anak penuh dengan kejutan, kaya akan imajinasi dan ekpresi, anak hidup dengan kejujuran yang alami. Ayah bunda bukankah melihat anak tumbuh kembang merupakan kebahagiaan yang tidak bisa diukur? Apalagi untuk anak pada usia dini, karena masa-masa itu tidak akan pernah terulang lagi, maka itu jangan diabaikan.

hiperaktif
[foto : sehatfresh.com]
Lantas bagaimana bila kita kesulitan menanganinya karena anak termasuk anak hiperaktif? Dapatlah ia berubah sikap seperti anak pada umumnya? Ayah bunda, buah hati yang sulit ditangani merupakan tantangan tersendiri untuk kita. Ada anak hiperaktif sejak lahir namun ada juga karena lingkungan sebab kurangnya perhatian yang mereka ingin dapatkan dari orang tua mereka.

Bila kita perhatikan anak-anak berperilaku demikian hanya untuk menarik perhatian orangtuanya, meskipun terkadang anak ini sulit ditangani bukan berarti kita tidak bisa menanganinya. Kita pastikan dia memahami saat kita mengajarkan disiplin, namun jangan membuat hubungan dengan anak berpusat pada intruksi dan perintah.

Kita juga harus bisa mengalihkan perhatian anak ke arah kebaikan, berpikiran positif, memperhatikan kreativitas anak, terlibat dalam kegiatan yang mengalihkan energi, bantu anak tetap fokus dan berkonsentrasi dengan baik. Ayah bunda mendidik anak hiperaktif memang tidak mudah, namun tidak mudah bukan berarti tidak bisa bukan? Yuk kita mulai dari sekarang. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)