30 Views

Menciptakan Kedekatan Emosi dengan Anak

Menciptakan Kedekatan Emosi dengan Anak

Ayah bunda, apakah selama ini kita sudah memahami buah hati kita? Dapatkah kita membangun kedekatan emosi pada anak? Menurut seorang penulis buku bernama Gary Chapman, ada lima bahasa kasih setiap orang yang dapat diberikan kepada anak, yaitu kata-kata pendukung, tindakan melayani, pemberian hadiah, waktu berkualitas, dan sentuhan fisik. Lima bahasa ini baik diterapkan untuk anak.

Pertama, anak akan merasa disayangi saat mereka diberi kata-kata dukungan karena itu akan memotivasi mereka untuk maju dan terus berkembang. Di saat anak merasakan kegagalan tugas kita sebagai orangtua adalah memberikan motivasi agar anak bisa belajar dari kegagalan yang terjadi dan memperbaiki diri.

Kedua, anak juga senang apabila kita memberikan tindakan pelayanan terhadapnya apalagi jika kita ikut membantu masalah yang sedang mereka hadapi. Ada baiknya kita memenuhi kebutuhan anak, bukan hanya makan, pakaian tetapi juga pendidikan kepada mereka.

Ketiga, memberikan anak hadiah juga dapat menciptakan kedekatan emosi dengan anak. Ayah bunda hadiah itu tidaklah selamanya harus mahal, hadiah kecilpun bisa menjadi sangat bermakna bagi mereka.

Keempat, berikan kepada anak waktu-waktu yang berkualitas, yaitu dengan menemani mereka melakukan kegiatan bersama, membaca buku bersama atau bermain bersama. Anak membutuhkan waktu bersama dengan orangtua, di waktu tersebut berikan anak perhatian. Meskipun kita sibuk dengan pekerjaan, jangan pernah sekalipun mengabaikan anak.

Berikan juga sentuhan fisik, misalnya memeluk anak, mencium keningnya, elusan di kepala atau pundak anak, mereka akan merasa disayangi. Ayah bunda, bisakah lima bahasa kasih ini diterapkan untuk anak? Kedekatan emosi dengan anak akan tercipta lewat tindakan nyata kita. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)