77 Views

Mendidik Anak Mengucapkan Terima Kasih

terima kasih“Terima kasih, Bunda. Bunda memang baik sekali.”

Wah bagaimana perasaan Ayah bunda ketika anak mengucapkan kata-kata tersebut? Pastinya bangga karena hal tersebut dapat memberikan kedamaian dan senyuman untuk kita. Terima kasih adalah kata yang ajaib dan efeknya sangat luar biasa apalagi jika kata itu ditujukan untuk kita. Kita dapat merasakannya sendiri betapa dahsyat efek positif kata itu.

Terimakasih juga merupakan sebuah penghargaan yang diucapkan oleh seseorang apabila menerima sebuah perbuatan baik dari orang lain yang membantunya dalam melakukan sesuatu. Mengatakan terimakasih juga berarti mengucapkan rasa syukur atas nikmat yang Tuhan berikan, maka itu penting bagi kita mengajarkan anak senantiasa berterima kasih kepada siapa pun.

Kita juga harus bisa dan jangan gengsi mengucapkan terima kasih pada anak. Misalnya saat meminta bantuan anak membelikan sesuatu ke warung, ucapkanlah, “Terima kasih ya, Nak.” Meskipun hanya sekedar ucapan tapi maknanya sangat dalam.

Memang, kata itu gampang-gampang susah diucapkan, terutama anak kecil. Sebagian besar anak hanya mengucapkan terima kasih sebagai formalitas setelah diberikan bantuan, namun sebaiknya kita berikan pengertian akan arti dari kata-kata itu dan apa pengaruhnya bagi orang yang mendengarkan, apabila anak sudah paham maka anak akan lebih menghargai orang lain dan mengucapkannya dengan tulus. Yuk kita didik anak mengucapkan terima kasih sejak dini agar menjadi kebiasaan saat anak dewasa nanti. (Ern)