22 Views

Mengapa Anak Menganggap Belajar adalah Beban?

Ayah bunda, kita sering melihat ada anak yang tidak menyukai kegiatan belajar, selalu saja banyak alasan untuk tidak belajar, bahkan sebagai orangtua seringkali kehabisan cara untuk membujuk anak belajar. Sebenarnya apa yang membuat anak tidak mau belajar dan menganggap belajar adalah beban?

belajar

Andaikan proses belajar seperti bermain tentu saja akan menyenangkan, begitu pula dengan pola pikir anak-anak yang lebih menyukai kegiatan bermain karena dalam sebuah permainan menimbulkan rasa kepuasan dalam dirinya, lantas mengapa tidak dengan belajar? Pelajaran sekolah yang menumpuk, PR yang banyak, dituntut untuk ujian sekolah dengan nilai yang tinggi, tapi proses belajarnya menegangkan.

Banyak anak yang stress karena belajar di sekolah ataupun di rumah, hingga akhirnya anak menjadi benci belajar, tidak mau sekolah dan lebih suka bermain games sepanjang hari, hal itu mereka lakukan untuk melampiaskan kekesalannya dalam belajar. Itulah yang kebanyakan terjadi di lingkungan kita.

Lantas bagaimana jika proses belajar seperti bermain? Wah pastinya tidak akan ada lagi yang menganggap belajar itu beban. Ayah bunda harus memahami keinginan anak, memaksa dan menuntut anak untuk belajar dengan keras hanya akan membuat anak benci belajar. Yuk kita didik anak melalui proses belajar yang menyenangkan agar anak agar anak menyukai kegiatan belajar dan berdampak pada kesuksesan anak di masa yang akan datang. (Ern)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache