39 Views

Mengapa Anak Senang Mengulang Aktivitas yang Sama?

Aktivitas
Bermain Puzzle adalah Aktivitas yang sering Diulang oleh Anak

Saat anak memasuki usia dini, aktivitas anak tidak lain adalah bermain. Bermain adalah proses belajar yang merupakan bagian dari tumbuh kembangnya, seringkali kita jumpai anak sering mengulang aktifitas yang sama atau senang sekali mengulang kata-kata yang diucapkan oleh orang lain. Bagaimana dampaknya?

Ayah bunda, proses pengulangan yang sering terjadi lambat laun akan mulai berhenti seiring dengan pertambahan usianya. Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, anak yang senang mengulang aktivitas yang sama merupakan suatu rangkaian tumbuh kembang motorik dan kognitif yang harus dimiliki oleh anak.

Pengulangan tersebut bisa dilakukan anak untuk berinteraksi, ketika anak mengulang kata-kata yang diberikan padanya, belum tentu anak mempunyai maksud yang sama dengan apa yang dikatakan. Misalnya anak pada usia 2 tahun, anak bermaksud berinteraksi sosial dengan lawan bicaranya dan ia tidak hanya mengandalkan bahasa tubuh atau tangisan.

Kemudian, di saat anak senang mengulang membongkar mainan, menyusun puzzle dan membongkarnya kembali, sebenarnya anak sedang belajar mengendalikan gerakan tangannya. Anak mengembangkan kemampuan untuk mengatur dan kerjasama antara gerakan mata dan tangan, kerjasama ini juga bisa melatih kemampuan otak anak.

Ketika anak suka mengulang, sebenarnya anak sedang mengasah kecerdasan sekaligus melatih ingatannya. Itulah alasan mengapa anak senang mengulang aktivitas yang sama. Ayah bunda sebagai orangtua ada baiknya kita berikan dukungan terhadap tumbuh kembang anak, ajak mereka untuk melatih keterampilan motorok dan kognitifnya.

Biarkan anak mengulang kegiatan yang dia sukai, tugas kita adalah memberikan pengawasan kepada anak dan memberikan pengertian apabila aktivitas yang diulang tidak baik. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache