45 Views

Mengapa Kita Dilarang Memaksakan Kehendak terhadap Anak?

Ayah bunda seringkali kita tidak menyadari bahwa kita telah menerapkan hyper parenting yaitu pola asuh yang berlebihan dari orangtua yang suka memaksakan kehendak untuk mewujudkan keinginannya sendiri. Hal ini biasanya terjadi ketika kita tidak merasa puas dengan karir atau kehidupan yang diperoleh sehingga kita melampiaskannya pada anak.

Memaksakan Kehendak

Sebenarnya merupakan hal yang wajar ketika kita sebagai orangtua berharap anak-anak dapat mewujudkan keinginannya. Tetapi kita perlu memahami bahwa memaksakan kehendak bukanlah jalan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah, karena dapat menghambat pertumbuhan anak. Selain itu anak menjadi tidak bahagia karena mereka tidak memiliki kebebasan untuk memilih dan melakukan keinginannya sendiri.

Setiap anak memiliki kepribadian, karakter, bahkan impian dan cita-cita. Anak dapat berkembang dengan baik karena memiliki kebebasan untuk bereksplorasi, berpendapat, dan merasa bahagia. Proses ini harus dilalui oleh anak dalam kehidupan mereka agar anak dapat memaksimalkan potensi dan mengasah kecerdasan dalam masa perkembangan anak.

Ayah bunda, kita tidak bisa memaksakan kehendak pada anak. Harus ada proses memberikan pengertian dan pemahaman atau berikan pilihan dan penjabaran mengenai konsekuensi terhadap apa yang diinginkan anak. Sebijak mungkin jangan sampai kita menjadi orangtua yang memaksa anak, karena sesuatu yang baik harus disampaikan dengan cara yang baik pula agar hasilnya juga baik. (ern)