40 Views

Mengatasi Rasa Malas dalam Membaca

malas-membaca

Tahukah Ayah bunda bahwa apa yang kita percayai itulah yang akan terjadi pada diri kita. Jika kita percaya kalau membaca buku itu tidak menyenangkan maka kita tidak akan suka membaca, begitu pula sebaliknya. Tidak peduli seberapa sadar kita akan manfaat dari membaca, ketika kita tidak suka membaca penyakit malas terus datang tanpa diminta.

Malas adalah penyakit yang sangat mematikan dan sangat sulit untuk ditemukan penawar yang mujarab. Bila kejadian sudah seperti ini bukankah kita ingin mendapatkan solusi untuk mengatasi rasa tidak suka membaca ditambah penyakit malas yang begitu besar bukan?

Kita pasti berharap untuk mendapatkan solusi untuk mengatasi rasa tidak suka membaca dan malas yang begitu besar, bukan? Hal pertama kita harus kita lakukan adalah mengubah paradigma bahwa membaca adalah menyenangkan dan menarik, tidak melelahkan, paradigma tersebut bisa meningkatkan rasa suka kita terhadap kegiatan membaca.

Apabila kita memaksa pikiran untuk berubah berdasarkan keinginan kita secara sadar, ia pasti tidak mau. Tapi, bila kita memberikan pikiran sesuatu hal baru yang memberikan efek rasa senang, maka dengan mudah kita bisa membentuk satu kebiasaan baru. Pergeseran persepsi inilah yang membuat tidak suka membaca menjadi suka membaca, yang dari malas membaca menjadi rajin membaca terjadi dengan mudah. Maka percayalah bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan. (Ern)