332 Views

Mengenalkan Buku Sejak Dini

Ayah bunda sudah seharusnya kita menanamkan berbagai macam pengetahuan pada anak sejak dini. Salah satu kegiatan yang akan membantu anak ke depannya adalah membaca, namun kegiatan membaca ini harus terus melekat pada sang anak sehingga menjadi sebuah kebiasaan baik yang memiliki daya tarik tersendiri bagi anak, berikan pemahaman bahwa membaca buku bukanlah hal yang membosankan.

buku

Lalu bagaimana cara menumbuhkan Minat baca pada anak sejak usia dini? Salah satu caranya adalah dengan memperkenalkan buku kepada anak mereka. Kapan tepatnya buku itu bisa mulai dikenalkan pada anak? Sebaiknya untuk menumbuhkan Minat baca pada anak maka kita sebagai orang tua bisa mengenalkan buku kepada anak  pada saat anak masih berusia batita atau dibawah tiga tahun.

Meski pada saat itu anak sama sekali belum bisa membaca namun dengan melihat buku setiap hari maka ia akan terbiasa. Bacakanlah buku cerita bergambar di hadapannya sembari  memperlihatkan berbagai macam gambar yang ada di buku kepada sang anak, maka lama kelamaan buku bisa menjadi benda favoritnya.

Menumbuhkan kesukaan membaca lebih baik di didik sejak kecil, karena saat anak masih kecil mereka lebih mudah menyerap pemahaman dan kita bisa mengubah karakter anak sejak kecil. Maka dari itu kita tanamkan berbagai nilai baik pada diri anak disaat masa golden agen anak, karena kebiasaan baik tersebut akan dibawa sampai dewasa.

Anak adalah titipan dari Yang Maha Kuasa yang harus selalu kita jaga dan dibina. Sudah menjadi kewajiban bagi orang tua untuk dapat membimbing anaknya dengan baik sehingga kelak pelajaran yang kita berikan kepadanya bisa menjadikan bekal bagi dirinya untuk dapat lebih maju dalam berbagai hal di masa depannya.

Penting bagi Ayah bunda untuk menumbuhkan kesukaan membaca kepada anak-anaknya sejak dini. Mengapa demikian? karena dengan menumbuhkan kesukaan membaca sejak dini, pada akhirnya kegiatan membaca akan terus melekat pada diri anak sebagai kebiasaan, sehingga ia bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru dari membaca buku.

Apa saja manfaat yang akan didapatkan oleh seorang anak ketika ia senang membaca? Ternyata kemampuan berbahasa anak bisa meningkat dengan pesat karena senang baca, pastinya pada saat anak membaca maka anak akan menemukan kosa kata baru yang bisa digunakan sehari-hari.

Anak usia dini memiliki memori otak yang masih segar sehingga akan lebih mampu menyerap banyak kosa kata, apabila di usianya yang masih dini ia sudah dibekali dengan berbagai macam pengetahuan terutama dalam bidang bahasa maka jangan heran jika kemampuan anak tidak seperti anak-anak pada umumnya. Ayah bunda yuk dari sekarang jangan ragu untuk menumbuhkan kesukaan membaca pada anak kita. (Ern)