117 Views

Mengenalkan Huruf pada Anak Usia Dini

Ayah bunda, mengenalkan huruf kepada anak lebih baik dilakukan ketika anak pada masa golden age yaitu anak pada usia 0 sampai 6 tahun saat kecerdasan anak mencapai 80%, itulah mengapa pada masa itu akan mempengaruhi kehidupan anak kelak ketika dewasa.

Mengenalkan Huruf pada Anak

Mengenalkan anak baca, tulis, dan hitung pada usia dini mungkin dapat menjadi beban untuk anak, tetapi kita bisa menyiasatinya dengan memperkenalkan huruf dengan cara yang menyenangkan, dengan cara itu justru akan menjadi kebiasaan yang baik untuk anak.

Tentu saja kita dilarang memaksakan kemampuan anak sehingga tidak membebani anak. Lalu bagaimana caranya mengenalkan huruf dengan cara yang menyenangkan kepada anak?
1. Berdialog : pertama kita ajak anak berkomunikasi terlebih dahulu dan bimbing anak untuk memverbalkan huruf yang kita kenalkan, misalnya huruf AIUEO. Pertama kali kita kenalkan 5 huruf ini dengan cara memperdengarkan kepada anak jangan dulu menunjukkan seperti apa gambaran huruf tersebut sebelum anak bisa memverbalkan huruf tersebut.
2. Bernyanyi : menyanyi adalah hal yang bisa disenangi anak, kita bimbing anak mengenal huruf lewat lagu.
3. Bercerita : untuk mendapatkan perhatian anak kita bacakan anak sebuah cerita atau dongeng yang masih berhubungan dengan huruf yang akan kita kenalkan.
4. Permainan : lewat permainan juga akan memancing rasa keingintahuan anak terhadap sesuatu. Buatlah sebuah permainan yang bisa membuat anak senang tentu aja disisipi dengan pembelajaran didalamnya. (Ern)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache