24 Views

Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Setiap anak memiliki kepribadian yang unik, di mana satu sama lain memiliki potensi yang berbeda. Ayah bunda, untuk mengoptimalkan perkembangan anak tidak cukup hanya sekadar memahami, kita harus mengetahui dunia mereka lebih dalam. Seperti apa dunia anak yang perlu kita ketahui?

tumbuh kembang

Anak berbeda dengan orang dewasa, mereka memiliki dunia sendiri yang harus dilihat dengan kacamata anak-anak. Jadi, dalam menghadapinya memang dibutuhkan pengertian, toleransi, dan kesabaran yang mendalam.

Kita mengetahui dunia anak adalah bermain, yakni dunia yang dipenuhi dengan sesuatu yang menyenangkan. Maka dari itu tidak boleh mengembangkan kecerdasan anak sesuai dengan kehendak kita, memberikan bimbingan atau pendidikan kepada anak hendaknya disesuaikan dengan usianya, untuk anak usia dini kita bisa berikan pendidikan yang menarik perhatiannya dan tentunya harus menyenangkan.

Komunikasi yang intens juga perlu dilakukan oleh orangtua, bukan hanya sekadar menyapa mereka juga perlu diperhatikan, diajak bicara, didengarkan ceritanya, ditanyai apa yang menjadi keinginan dan harapannya sehingga kita bisa mendampingi sekaligus memberikan bimbingan terhadap buah hati kita yang sedang mengalami tumbuh kembang.

Ayah bunda, anak usia dini sangat senang meniru karena proses pembentukan tingkah laku anak didapat dari cara meniru. Dengan demikian kita harus memberikan keteladanan yang baik. Yuk kita optimalkan tumbuh kembang anak dengan cara yang sesuai dengan dunia mereka, yakni dunia yang menyenangkan. (Ern)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache