47 Views

Meningkatkan Daya Konsentrasi Anak

Ayah bunda, prestasi seorang anak ditentukan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kemampuan berkonsentrasi. Jadi jangan menganggap anak memiliki kecerdasan yang rendah saat anak mendapat nilai yang buruk, karena bisa jadi anak adalah cerdas namun sulit untuk berkonsentrasi. Ingat, tidak ada anak yang bodoh.

konsentrasi

Lalu bagaimana mengatasi anak yang sulit berkonsenstrasi? Yuk kita mulai dengan membiasakan anak untuk hidup mandiri, karena anak yang sering dimanja dan banyak dibiarkan menganggur maka aktivitas otakpun anak menurun dan menyebabkan sulit konsentrasi.

Kita berikan perhatian yang cukup untuk buah hati kita, tahukah bahwa perhatian sangatlah penting. Bila kita kurang perhatian kepada anak maka anak akan sering mencari perhatian di luar rumah atau di sekolah, anak jadi sering mengganggu temannya yang lain dan akibatnya anak tidak fokus.

Selain itu kita jangan membebani anak dengan aktivitas yang tidak sukainya. Terkadang kita memberikan sesuatu yang tidak disukainya, misalnya dengan memaksa anak dengan mengikuti berbagai macam les sehingga anak menjadi terbebani. Dukung dan motivasi anak sesuai dengan keinginan anak, itulah mengapa kita harus memahami potensi yang dimiliki anak dan mengarahkannya menjadi kegiatan yang positif. Sesuatu yang disukainya tentu saja akan dilakukan anak tanpa beban dan berguna untuk masa depannya kelak.

Nah, mulai sekarang yuk kita tingkatkan daya konsentrasi anak dengan cara-cara tersebut dengan harapan anak akan lebih fokus belajar. Tetap semangat dan terus belajar (Ern)