127 Views

Meningkatkan Kualitas Perpustakaan Sebagai Cara Meningkatkan Minat Baca

Seperti yang telah kita ketahui bersama saat ini dunia telah menjadi hampir tanpa sekat lagi dengan semakin banyaknya informasi yang beredar setiap detiknya. Inilah sebabnya penting sekali untuk meningkatkan wawasan kita terhadap beragam informasi tersebut, mendapatkan pengetahuan atau paling sedikit kabar yang tengah berhembus saat ini.

perpustakaan untuk meningkatkan minat baca

Meningkatkan pengetahuan artinya juga menambah kualitas diri kita dan salah satu caranya adalah dengan banyak membaca. Akan menjadi masalah bila kita dan masyarakat tak suka membaca sehingga perlu mencari cara meningkatkan Minat baca. Mungkin kita sudah sering mendengar bahwa Minat baca masyarakat di tanah air tergolong rendah bahkan jika dibandingkan dengan negara-negara di kawasan ASIA lainnya.

Sumber daya manusia yang berkualitas secara umum akan turut menjadi pendorong kemajuan bangsa kita ini. Melihat kondisi tersebut selayaknya pihak-pihak yang berkaitan segera melakukan sesuatu untuk mencari solusi atau memberikan fasilitas yang turut mengupayakan untuk merealisasikan peningkatan Minat baca.

Salah satu cara yang bisa menjadi jalan keluar adalah mengadakan kerja sama antara penerbit, penulis, serta pemerintah dalam menyediakan sumber bacaan. Penulis dalam hal ini sebagai sumber informasi yang mempunyai kemampuan untuk menuangkan ide, inspirasi, informasi yang bermanfaat bagi pembaca atau masyarakat.

Berikutnya adalah penerbit yang berperan sebagai fasilitator bagi penulis untuk menerbitkan karya-karya mereka. Tentu saja ada pula penulis yang sekaligus menjadi publisher naskah mereka sendiri tetapi tentu jarang karena dibutuhkan dana yang tak sedikit. Dan berikutnya adalah pemerintah yang mempunyai kewenangan lebih besar misalnya memberikan subsidi terutama untuk buku-buku yang dinilai bermanfaat bagi masyarakat.

Cara meningkatkan Minat baca yang juga dapat diupayakan oleh pemerintah adalah program-program khusus untuk pemuliaan perpustakaan serta mengondisikan agar sumber belajar tersebut dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja. Hal ini akan sangat membantu mereka yang belum dapat menyediakan budget khusus untuk menyediakan bahan bacaan bagi diri sendiri atau keluarga. Paling sedikit pada masyarakat kita tersedia sumber-sumber informasi untuk memperoleh kabar global seperti buletin, koran, majalah, atau yang lainnya.

Kurangnya Minat baca pada masyarakat ini akan semakin membawa mereka yang tak dapat merasakan bangku sekolah atau putus dari pendidikan karena berbagai faktor pada tingkatan terendah masyarakat karena tak adanya akses untuk memperbaiki kualitas diri serta meningkatkan produktifitas. Pada kondisi yang paling buruk ketidaktahuan dan ketidakpedulian bisa berimbas pada peningkatan angka kriminalitas dan perbuatan yang merugikan lainnya. Inilah sebabnya mengupayakan cara meningkatkan Minat baca adalah hal yang sangat penting bagi bangsa ini.

Sebagaimana yang sempat disebutkan sebelumnya, perpustakaan bisa menjadi solusi atas akses masyarakat akan buku-buku berkualitas demi menambah ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah dengan mobil perpustakaan keliling yang telah berjalan di beberapa daerah walaupun belum menjangkau seluruh daerah terpencil. Cara lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan pengadaan perpustakaan daerah, meningkatkan kualitas perpustakaan apabila sudah ada, mengadakan beragam kegiatan yang ada hubungannya dengan membaca atau menulis, dan lain sebagainya.

Kegiatan-kegiatan tersebut misalnya acara bedah buku, membaca bersama untuk anak-anak, mendongeng untuk anak-anak, atau membuat komunitas-komunitas literasi serta mengadakan secara rutin forum diskusi yang berkaitan dengan buku. Hal ini memang membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak sebagai realisasi cara meningkatkan Minat baca. (Pk/Ern)