50 Views

Menumbuhkan Emosi Positif pada Anak

Menumbuhkan Emosi Positif pada Anak

Tahukah Ayah bunda, saat anak merasa senang dan bahagia dalam belajar, waktu tidak akan terasa panjang, semua yang dipelajari akan lebih mudah dan setiap hambatan akan menjadi tantangan tersendiri. Bahkan anak akan lebih kreatif dalam menemukan solusi serta rasa ingin tahu mereka terus bertumbuh.

Semua itu berhubungan dengan emosi sang anak, saat anak memiliki emosi positif proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan menjadi kebiasaan baik anak. Nyatanya emosi ini seringkali kita abaikan dalam melakukan proses belajar itu sendiri sehingga anak tidak menikmati proses belajar yang diberikan.

Ayah bunda, perasaan gembira pada anak saat proses belajar dapat menghantarkannya pada potensi terbesarnya. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengatasi masalah emosi negatif yang ada pada anak. Jika kita tidak mengatasi emosi tersebut, maka akan sulit, berat, dan lama untuk menjadikan belajar menjadi suatu kebiasaan.

Emosi negatif yang ada pada anak bisa berupa malas, bosan, cepat capek, suka menunda, mudah lelah, anak condong lebih tertarik mengerjakan hal yang lebih menarik perhatiannya dibandingkan belajar. Menghilangkan emosi negatif ini bisa digunakan tiga metode yang dapat meningkatkan Minat belajar anak.

Pertama, ciptakanlah suasana belajar yang menyenangkan. Kedua, agar menyenangkan maka proses belajar harus dilakukan secara bertahap. Ketiga, agar bertahap kita harus paham karakteristik anak dan melakukan pendekatan secara mendalam pada anak. Nah, apabila ketiga metode ini sudah dilakukan, jangan lupa untuk terus memvariasikan kegiatan belajar agar anak tidak mudah teralihkan. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)